Kompas TV nasional rumah pemilu

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran: Bu Khofifah Kader NU yang Sempurna

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 15:14 WIB
wakil-ketua-tkn-prabowo-gibran-bu-khofifah-kader-nu-yang-sempurna
Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh pengurus wilayah Muslimat NU Maluku Utara bersama pemangku kepentingan untuk menekan angka stunting, Minggu (14/1/2024). (Sumber: ANTARA/Abdul Fatah)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ali Masykur Musa menyebut, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, salah alamat bila meragukan ke-NU-an Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Ia menilai Khofifah adalah kader Nahdlatul Ulama atau NU yang paripurna. 

"Ada dua cara pandang di mana Khofifah memenuhi semua kriteria. Pertama, NU yang dilihat secara struktural; kedua, NU yang dipandang secara kultural. Bu Khofifah mencerminkan secara sempurna kedua sisi tersebut," kata Ali dalam keterangannya, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga: Ketua Umum PBNU Gus Yahya: Yang Meragukan ke-NU-an Khofifah Tidak Pernah Jadi Pengurus NU

Dalam sisi struktural, Ali mengatakan, Khofifah adalah nahdliyin yang mendedikasikan hidupnya untuk NU. 

“Bu Khofifah selalu mendarmabaktikan dan memimpin organisasi di lingkungan NU seperti IPPNU, PMII hingga Muslimat NU. Secara struktur ini paripurna,” ujarnya.

Ali mengingatkan bahwa NU dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah dua hal berbeda.

"NU adalah jam’iyah ijtima’iah diniyyah, sedangkan PKB adalah jam’iah siassah. Sehingga karakter NU dengan partai politik adalah berbeda." 

"Jadi mengharuskan warga NU mendukung paslon tertentu adalah tidak memenuhi dasar-dasar hubungan NU dengan politik," katanya.

Kendati mengatakan NU tidak berpolitik, Ali mengakui kaitan antarkeduanya tetap ada. 

Namun ia menegaskan, pilihan warga NU harus berdasar hati nurani dan mengedepankan lestarinya aspek struktural dan kultural NU.

"Kalau dari TKN sendiri, kita bersyukur mayoritas warga NU sekarang ini menitipkan aspirasi politiknya lewat Prabowo-Gibran. Dan ini tidak salah, baik secara struktural maupun kultural," ujarnya.

Baca Juga: Cak Imin soal Khofifah Dukung Prabowo-Gibran: Kalau Ideologi NU Pasti Istikamah ke AMIN

 

Sebelumnya, Cak Imin mengaku yakin suara warga NU di Jawa Timur tetap untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Ia menanggapi dukungan Khofifah untuk Prabowo-Gibran. Menurut dia, bila Khofifah warga nahdliyin, ia pasti akan mendukung AMIN di Pilpres 2024.

"Orang yang punya ideologi NU pasti istikamah ke AMIN. Saya meragukan ke-NU-annya kalau tidak pilih AMIN (Anies-Muhaimin)," kata Cak Imin di Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024), dikutip dari YouTube Kompas TV.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x