Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Berharap Hotel-hotel di IKN Selesai Dibangun Sebelum Peringatan HUT ke-79 RI

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 14:05 WIB
jokowi-berharap-hotel-hotel-di-ikn-selesai-dibangun-sebelum-peringatan-hut-ke-79-ri
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyanggupi permintaan kenaikan tunjangan kinerja (tukin) Kementerian Investasi/BKPM. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

KALIMANTAN TIMUR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo berharap hotel yang dibangun di Ibu Kota Nusantara rampung sebelum perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, Agustus mendatang. Sebab rencananya, perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia akan dilangsungkan di IKN.

Demikian Presiden Jokowi dalam keterangannya saat melakukan groundbreaking di IKN, Rabu (17/1/2024).

“Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di Ibu Kota Nusantara. Pertanyaannya, tamu-tamunya nginep di mana? Bisa di Balikpapan karena jalan tolnya sepanjang 47 kilometer juga InsyaAllah di bulan Juli sudah selesai,” ucap Jokowi.

“Tapi akan lebih benar kalau di Ibu Kota Nusantara sudah ada hotel-hotel yang selesai dibangun. Saya yakin 1-2 hotel pasti sudah akan selesai dibangun di ibu kota Nusantara.”

Baca Juga: Dewas KPK Sebut Ada 3 Bos Bawahi 90 Pegawai KPK yang Diduga Lakukan Pungli di Rutan

Jokowi mengatakan, saat ini sudah ada 6 hotel baik Bintang 4 maupun Bintang 5 yang dalam Pembangunan di IKN.

“Hotel yang dalam proses dibangun baik bintang 4 maupun bintang 5, plus hotel Jambuluwuk and resort ini adalah yang keenam, ini sudah yang keenam. Dan hari ini sekali lagi kita akan melakukan Groundbreaking Pembangunan Hotel Jambuluwuk Nusantara hotel, hotel berbintang lima yang berkonsep modern Indonesia ethnic dengan Investasi kurang lebih Rp300 miliar dan dengan kapasitas kurang lebih 200 kamar,” kata Jokowi.

Dengan bertambahnya hotel yang dibangun, Jokowi yakin tamu-tamu yang berkunjung ke IKN tidak akan kesulitan untuk mendapatkan akomodasi. Di samping memberikan kontribusi yang penting bagi pertumbuhan IKN.

“Ini akan menambah jumlah hotel yang akan beroperasi di ibu kota Nusantara, menambah ketersediaan kamar-kamar hotel sehingga tamu-tamu yang berkunjung ke IKN tidak kesulitan mendapatkan akomodasi,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN: Minat Investor untuk Bangun Ibu Kota Nusantara Tetap Terjaga

“Saya yakin Jambuluwuk Nusantara Hotel juga akan memberikan kontribusi yang penting bagi pertumbuhan IKN dan juga daerah-daerah di sekitarnya.”

Tidak hanya itu, Jokowi juga berharap dengan adanya perkembangan di IKN setiap bulan memicu pembangunan berbagai jenis infrastruktur.


“Maka tidak ada alasan bagi investor untuk ragu-ragu berinvestasi di Ibu Kota Nusantara. Memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai insentif dan kemudahan berusaha yang ditawarkan pemerintah,” kata Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x