Kompas TV nasional peristiwa

Instagram Mahfud MD Kembali Pulih, Langsung Unggah Kampenye di Medan "Bongkar Sambo dari Mekkah"

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 23:04 WIB
instagram-mahfud-md-kembali-pulih-langsung-unggah-kampenye-di-medan-bongkar-sambo-dari-mekkah
Tangkapan gambar dari akun media sosial Instagram pribadi Menkopolhukam Mahfud MD yang sudah kembali pulih setelah mendapat serangan siber, Selasa (16/1/2024) siang. (Sumber: Instagram Mahfud MD)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akun media sosial Instagram pribadi Menkopolhukam Mahfud MD kembali pulih setelah mendapat serangan siber. 

Sebelumnya Instagram Mahfud MD @mohmahfudmd dikuasi oleh pihak luar tim pengelola, Selasa (16/1/2024) siang. 

Akun tersebut mengunggah video berdurasi 12 detik yang berisi beberapa orang yang mengenakan seragam militer mirip seragam militer Israel sedang mengoper bola secara estafet dengan kepala atau teknik overhead pass.

Sekilas, tampak logo bendera bintang Daud Israel dalam video tersebut. Dalam unggahan itu juga disertakan keterangan atau caption berbahasa Ibrani. Dalam bahasa Indonesia, keterangan itu berarti "Tuhan ada di atas saya, siapa berani mengendalikan saya?".

Staf Khusus MenkoPolhukam Rizal Mustary menjelaskan saat ini akun Instagram Mahfud sudah kembali dikuasai oleh tim pengelola. 

Baca Juga: Stafsus Menkopolhukam: Akun Instagram Mahfud MD Diretas Pihak Lain di Luar Pengelola

Akun pribadi itu kembali ke tangan pengelola setelah staf Mahfud berkoordinasi dengan Meta, perusahaan yang menaungi media sosial Instagram. 

Riza menjelaskan penelusuran tim situasi penguasaan akun terjadi sejak Selasa (16/1/2024) siang. Kini akun @mohmahfudmd telah berhasil diambil alih oleh tim pengelola, Selasa sekitar pukul 18.00 WIB.

"Akun sudah aman, sudah kami kendalikan lagi," ujar Rizal, Selasa (16/1/2024). 

Sebelum video berdurasi 12 detik pria berseragam yang sedang mengoper bola muncul, akun Instagram Mahfud, @mohmahfudmd rutin mengunggah kegiatan Mahfud baik saat kampanye sebagai Cawapres nomor urut 2, maupun kegiatan di Kemenkopolhukam. 

Saat Selasa Sore saat berita Instagram Mahfud diretas, sudah ada 10 ribu lebih yang suka dengan unggahan video tersebut, dan lebih dari 2 ribu warganet yang memberi komentar. 

Baca Juga: Persiapan Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD Jelang Debat Ke-4 Pilpres

Kini video pria berseragam yang sedang mengoper bola sudah ditidak ada lagi. Pengelola menggantinya dengan kegiatan Mahfud saat kampanye di Medan Sumatera Utara, Senin (15/1/2024). 

Ada dua video yang diunggah tim pengelola Instagram Mahfud dengan judul "bongkar Sambo dari Mekkah".


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x