Kompas TV nasional politik

Wasekjen PDIP Usai Maruarar Sirait Hengkang: Ibarat Balap F1, Makin ke Sini, Tikungan Makin Tajam

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 20:01 WIB
wasekjen-pdip-usai-maruarar-sirait-hengkang-ibarat-balap-f1-makin-ke-sini-tikungan-makin-tajam
Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Utut Adianto ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024). (Sumber: Nicholas Ryan Aditya/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Utut Adianto angkat bicara mengenai hengkangnya Maruarar Sirait dari partai berlogo banteng tersebut. Utut mengungkapkan suasana kebatinan di PDIP di tengah dinamika politik terkini.

Politikus berusia 58 tahun itu mengibaratkan kondisi PDIP di panggung politik Indonesia seperti balap Formula 1 (F1). Kata Utut, PDIP menghadapi tikungan semakin tajam jelang lap terakhir.

"Semua jenjang sudah kita lakukan, setiap jenjang ada tahapan dan tikungan-tikungan dan tikungannya makin ke sini tentu makin tajam," kata Utut ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

"Kalau di balap mobil Formula 1 lap-lap terakhir, lap-lap terakhir itu yang membuat orang menang atau tidak itu adalah keteguhan hati dan kemahiran memainkan kemudi," lanjutnya.

Baca Juga: Maruarar Sirait Mundur dari PDIP, Ganjar Bilang Hak Semua Orang, Puan: Terima Kasih

Meskipun demikian, ketua fraksi PDIP di DPR RI itu menegaskan keluarnya Maruarar Sirait tidak memengaruhi kesolidan PDIP. Menurutnya, PDIP tengah memperkuat konsolidasi jelang Pemilu 2024.

"Kalau PDI-P kan kita sudah kalau teman-teman memperhatikan konsolidasi yang paling sering. Kalau ingat hari Sabtu, 24 Juni di GBK dalam rangka Bulan Bung Karno kita Rakernas sampai 1 Oktober dan setiap rakernas Bapak Presiden hadir. Kemarin juga baru merayakan HUT," kata Utut dikutip Kompas.com.


 

Maruarar Sirait sendiri mengonfirmasi bahwa ia meninggalkan partai usai mengunjungi kantor DPP PDIP di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/1) malam.

Maruarar mengaku telah berpamitan dengan Megawati Soekarnoputri dan para petinggi partai. Politikus berusia 54 tahun itu mengaku hendak mengikuti langkah Joko Widodo.

“Saya memilih untuk mengikuti langkah Pak Jokowi karena saya percaya Pak Jokowi adalah pemimpin yang sangat didukung oleh rakyat Indonesia,” kata Maruarar Sirait.

Keluarnya Maruarar Sirait pun menambah daftar politikus PDIP yang hengkang atau dipecat jelang Pemilu 2024. Sebelumnya, Budiman Sudjatmiko, Kirana Larasati, dan Bobby Nasution telah mengundurkan diri/dipecat partai pada akhir 2023 lalu.

Baca Juga: Akun Instagram Mahfud MD Diretas, TPN: Saat Ini dalam Proses Ambil Alih oleh Tim

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x