Kompas TV nasional rumah pemilu

Puan Ingatkan Lembaga Negara untuk Gelar Pemilu 2024 secara Luber dan Jurdil

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 19:00 WIB
puan-ingatkan-lembaga-negara-untuk-gelar-pemilu-2024-secara-luber-dan-jurdil
Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Puan Maharani di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/11/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan kepada seluruh lembaga negara untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber dan Jurdil). 

Menurut dia, pesta demokrasi itu akan menentukan nasib bangsa dalam lima tahun ke depannnya. 

Hal itu disampaikan Puan saat pidato pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2023-2024 dalam rapat paripurna yang diselenggarakan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/1/2024). 

Baca Juga: Puan: DPR akan Tetap Bekerja Optimal di Tengah Masa Kampanye Pemilu 2024

"Semua lembaga negara; legislatif, eksekutif, yudikatif; KPU, Bawaslu, TNI, POLRI, ASN, partai politik serta berbagai komponen bangsa lainnya, wajib menjalankan komitmen yang sama, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi, yaitu bahwa pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” kata Puan. 

Menurut dia, pemilu tahun ini berpotensi membuka peluang untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

“Pemilu bukanlah hanya perebutan kekuasaan negara secara konstitusional bagi partai politik, akan tetapi adalah hak rakyat untuk dapat hidup lebih baik, lebih mudah, dan sejahtera. Bagi rakyat, pemilu merupakan kesempatan bagi dirinya untuk dapat mengangkat harkat dan martabat hidupnya,” kata Puan.

Selain itu, tahun 2024 menjadi tahun terakhir bagi para pimpinan beserta anggota DPR periode 2019-2024 untuk melaksanakan tugas konstitusional.
 
Oleh sebab itu, Puan meminta agar meninggalkan warisan yang dapat mengakselerasi terwujudnya kehidupan bangsa dan negara yang sejahtera, tentram, dan adil.

Baca Juga: Puan soal Pemakzulan Jokowi: Urgensinya Apa?

“DPR RI memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis, jujur, dan adil; kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara demokratis,” kata mantan Menko PMK tersebut. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x