Kompas TV nasional rumah pemilu

Dapat Respons Baik dari Ganjar soal Ucapan HUT PDI-P, Anies Singgung 3 Periode

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 17:52 WIB
dapat-respons-baik-dari-ganjar-soal-ucapan-hut-pdi-p-anies-singgung-3-periode
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. Anies ikut mengucapkan selamat HUT ke-51 PDI-P kepada Ganjar Pranowo. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV -  Calon Presiden (Capres) RI nomor urut 3 Ganjar Pranowo merespons baik ucapan selamat ulang tahun dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Respons tersebut disampaikan Ganjar di sela kegiatannya di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024).

“Oh, Mas Anies, terima kaih atas ucapan ulang tahunnya, kita senang, mudah-mudahan ini bagian dari persahabatan,” kata Ganjar, dikutip dari video KompasTV, Kamis (11/1).

Sebelumnya, di hari yang sama, di sela kunjungannya di Samarinda, Anies mengucapkan selamat ulang tahun untuk ke-51 untuk PDI-P.

Baca Juga: PKB Sempat Setuju di DPR, Kini Cak Imin Janji Revisi Omnibus Law UU Cipta Kerja

“Selamat ulang tahun buat PDI-P. Mudah-mudahan makin solid dan terus menjadi pilar utama penjaga demokrasi kita,” kata Anies.

Sehari kemudian, Kamis (11/1), Anies kembali merespons tanggapan Ganjar atas ucapan selamat ulang tahun ke-51 PDI-P yang ia sampaikan di hari sebelumnya.

Menurut Anies, selama ini ia memang sudah bersahabat dengan Ganjar. Anies juga memuji PDIP dan ketua umumnya Megawati Soekarnoputri sebagai penjaga demokrasi yang konsisten.

“Selama ini sudah bersahabat dengan Pak Ganjar juga. Kemarin kami sampaikan selamat ulang tahun juga, memang lagi ulang tahun.”

“Tapi yang penting begini, PDIP adalah salah satu partai yang konsisten dalam menjaga demokrasi, dan Ibu Mega itu penjaga demokrasi yang konsisten dan berani,” tambahnya.

Menurut pendapat Anies, Megawati tidak ingin ada pelanggaran terhadap konstitusi meskipun mungkin menguntungkan bagi partainya.

“Jadi beliau tidak ingin ada pelanggaran-pelanggaran atas konstitusi walaupun itu mungkin menguntungkan bagi partainya.”

“Jadi ketika dulu ada gagasan tiga periode, kan kalau tiga periode artinya PDIP bertambah, tapi beliau mengatakan, ‘Tidak’, kita taat pada konstitusi. Karenanya ketika kemarin berulang tahun, saya sampaikan ucapan selamat dan teruslah menjadi penjaga tonggak demokrasi kita,” bebernya.

Anies juga menyampaikan rasa hormat pada sikap konsisten untuk menjaga demokrasi tetap berada dalam relnya yang benar.

Baca Juga: Anies Tegaskan Tidak Hapus Bansos jika Terpilih: Justru Jumlahnya Ditingkatkan

Menjawab pertanyaan wartawan tentang apakah ada kesamaan nilai antara nilai yang dianut PDI-P dan dirinya, Anies menyebut menjaga aturan main dan demokrasi merupakan nilai yang harus dijunjung.

“Terkait dengan demokrasi, terkait dengan menjaga aturan main, terkait dengan konstitusi itu adalah nilai yang harus kita junjung,” tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x