Kompas TV nasional rumah pemilu

Megawati Minta KPU dan Bawaslu Kerja yang Benar di Pemilu 2024

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 13:37 WIB
megawati-minta-kpu-dan-bawaslu-kerja-yang-benar-di-pemilu-2024
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di dalam pidato politiknya dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk bekerja secara baik dan benar pada menyelenggarakan Pemilu 2024. 

Hal tersebut dikatakan Megawati dalam pidato politiknya di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). 

Baca Juga: Megawati di HUT ke-51 PDIP: Kita Bisa Seperti Ini Bukan karena Elite, Presiden dan Menteri

"Ini juga untuk KPU, Bawaslu, tolong dong kerja yang bener. Saya tuh baca di jalan ada baliho, pemilu yang demokratis, di mana ya saya lihat. Jujur, adil, luber, langsung, umum, bebas. Nah ini bebasnya dan rahasia, jadi tidak digiring loh, tolong ya," ujar Megawati.

Megawati menyebut, zaman orde baru, penyelenggara pemilu bernama Lembaga Pemilihan Umum (LPU). Namun, kini berubah menjadi KPU saat reformasi. 

"Zaman orde baru kan LPU, menurut saya itu lebih kuat, tapi waktu reformasi itu dijadikan komisi," ungkapnya. 

"Saya selalu mengatakan tapi saya kayak selalu di-bully, saya bilang komisi itu sifatnya adhoc kan, bahwa suatu saat bisa dibubarkan, itu berulang kali saya ngomong," katanya. 

Dalam agenda HUT ke-51 PDIP turut dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Baca Juga: Pesan Megawati di HUT ke-51 PDIP: Pilih Pemimpin Jangan Hanya Lihat Sosoknya

Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan kader PDIP berhalangan hadir. Sebab tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri sampai 14 Januari 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x