Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo Beri Sindiran untuk Anies soal Tanah 340 Ribu Hektare: Dia Nggak Ngerti Ada HGU...

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 01:00 WIB
prabowo-beri-sindiran-untuk-anies-soal-tanah-340-ribu-hektare-dia-nggak-ngerti-ada-hgu
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto pada acara debat ketiga capres di Istora Senayan Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. (Sumber: Tangkapan layar KompasTV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

PEKANBARU, KOMPAS.TV- Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto beri sindiran untuk pihak yang menyinggung dirinya punya tanah berhektar-hektar.

Hal tersebut disampaikan Prabowo Subianto pada acara konsolidasi relawan se-Riau di Gelanggang Olahraga Remaja, Pekanbaru, Selasa (9/1/2024).

“Saudara-saudara ada pula yang nyinggung, punya tanah berapa, punya tanah ini, dia pintar atau g****k sih,” ucap Prabowo.

Ia lebih lanjut mempertanyakan, apakah pihak yang menyebutnya dirinya punya tanah memahami soal hak guna bangunan atau tidak. Sebab menurutnya, tanah yang disebut sebagai miliknya adalah lahan milik negara.

“Dia ngerti nggak ada HGU, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pakai, iya kan, itu tanah negara saudara, tanah rakyat tanah bangsa,” jelas Prabowo, dikutip dari channel YouTube KompasTV.

Baca Juga: Jokowi Kumpulkan Menteri, Minta Waspada soal Dinamika Geopolitik, Pemilu, hingga Pangan

“Daripada dikuasai orang asing lebih baik Prabowo yang mengelola, tapi manakala pemerintah memerlukan, saya segera menyerahkan, nggak usah dibawa-bawa debat lah, anda hanya memperlihatkan ketololan anda,” ujar Menteri Pertahanan itu.

Dalam keterangannya, Prabowo menambahkan jika lahan negara yang dikelola olehnya bukanlah 340 hektare tetapi 500 hektare dan dipergunakan untuk food estated.

“Itu kemarin juga salah-salah mulu itu, bukan 340 ribu hectare, mendekati 500 ribu hectare, dia mau ejek, mau menghasut, dia mau buat rakyat benci sama saya, padahal Pak Jokowi ada, saya di Istana 2,5 tahun yang lalu, saya sudah serahkan tanah itu kepada negara,” jelas dia.

“Saya sampaikan kepada bapak presiden, bapak presiden kalau lahan ini dibutuhkan untuk lumbung pangan bangsa indonesia, pakai lahan HGU saya, gunakan, saya siap, dan kita sedang menggarap itu.”

Atas dasar itu, mantan Danjen Kopassus itu pun menilai pernyataan yang disampaikan kepadanya soal tanah seluas 340 ribu hectare tidak didasari dengan niat baik. Sebab apa yang disampaikan perihal tersebut datanya salah.

Baca Juga: Jokowi Minta Luhut Koordinir Hasil Kerja Menpan RB, Mendagri, Menkominfo hingga Menteri BUMN

“Jadi niatnya tidak baik, datanya salah, asal jeplak,” kata Prabowo.

Sebelumnya dalam debat Anies Baswedan nberusaha merevisi pernyataannya soal aset tanah milik Prabowo yang disebutnya 320 hektare menjadi 340 ribu hektare. Dalam kesempatan tersebut, Prabowo langsung potong pernyataan Anies dengan mengatakan jika data yang disampaikan capres nomor urut 1 tersebut salah.

“Sebelum saya menjawab pertanyaan itu, saya mengklarifikasi tadi data yang meleset, maaf Pak Prabowo, angkanya terlalu kecil, bukan 320 hektare, tapi 340 ribu hektare,” ucap Anies.

Dalam pemaparan visi dan program kerja, Anies memang sempat menyampaikan perihal aset Prabowo di tengah kondisi banyak prajurit yang tidak punya rumah dinas.

“Di saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas, sementara menterinya, menurut Pak Jokowi, punya lebih dari 340 hektare tanah di republik ini,” kata Anies.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x