Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat soal debat Capres: Ganjar Cerdas, Anies Ofensif, Prabowo Defensif

Kompas.tv - 8 Januari 2024, 16:38 WIB
pengamat-soal-debat-capres-ganjar-cerdas-anies-ofensif-prabowo-defensif
Debat ketiga kandidat Pemilihan Presiden 2024 di Jakarta, Minggu (7/1/2024), dihadiri para calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS/Iqbal Basyari)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Pengamat politik dari Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam memberikan penilaian penampilan debat dari ketiga capres yang tampil kemarin. 

Menurut dia, Capres nomor urut 1 Anies Baswedan tampil dengan ofensif. Lalu, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto terlihat amat defensif, sehingga kurang bisa berelaborasi gagasannya. 

Sementara, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo tampil cerdas dalam debat ketiga Pilpres 2024 semalam.

Baca Juga: Senyum Prabowo-Gibran saat Tiba di Lokasi Debat Capres

“Dalam debat ketiga ini, Ganjar cerdas. Anies bernas dan ofensif. Prabowo defensif, namun kurang elaboratif,” kata Umam kepada wartawan, Senin (8/1/2024).

Umam menyebut Ganjar tampil simpatik, lebih tertib, pola konfrontasi yang terukur, dan diperkuat dengan substansi yang cukup impresif. 

Selain itu, Ganjar mampu mengelaborasi argumen tentang visi pertahanan, keamanan dan diplomasi ekonomi dengan cukup impresif.

“Ganjar mampu mengelaborasi basis argumennya secara klir ketika tampil menjelaskan tentang kematangan perencanaan dan komitmen anti-korupsi dalam eksekusi kebijakan pertahanan, penguatan infrastruktur cyber nasional, dan komitmennya pada upaya revitalisasi kinerja ASEAN yang cenderung prosedural,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, Ganjar juga terlihat kompak dengan Anies menyerang Prabowo dalam debat semalam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x