Kompas TV nasional rumah pemilu

3 Ribu Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Debat Capres Hari Ini

Kompas.tv - 7 Januari 2024, 16:04 WIB
3-ribu-personel-gabungan-dikerahkan-kawal-debat-capres-hari-ini
Iludtrdi debat Capres. Sebanyak 3.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan acara debat ketiga rangkaian Pilpres 2024 yang digelar hari ini, Minggu (7/1/2024). (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 3.041 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan acara debat ketiga rangkaian Pilpres 2024 yang digelar hari ini, Minggu (7/1/2024).

Seperti diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 ini akan digelar malam ini di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

“Untuk pengamanan kita kerahkan 3.041 personel gabungan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/1).

Rincian ribuan aparat gabungan tersebut terdiri dari dari 2.877 personel Polri (Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel); 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel).

Serta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel).

“Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Propinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan Debat Capres Cawapres ke 3 melalui satgas Preemtif, Preventif, Humas dan Bantuan Operasi,” ujarnya.

Baca Juga: 11 Panelis Dikarantina, Begini Persiapan Jelang Debat Ketiga di Istora Senayan Jakarta

Di sisi lain, dia menyebut dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya juga akan dilakukan penutupan sebagain bagian dari pengamanan.

Pintu akses yang ditutup yakni pintu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 11, dan 12. Sedangkan untuk pintu 5 dan 8 hanya digunakan untuk akses keluar.

Kemudian, lanjut dia, untuk pintu 7 dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar.

Selain itu rekayasa lalu lintas (lalin) pun telah disiapkan Polda Metro Jaya untuk menjamin kelancaran acara debat ketiga Pilpres 2024 yang akan mempertemukan tiga capres kontestan tersebut.

Sebagai informasi, debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum atau KPU di Istora Senayan itu akan mempertemukan tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Adapun tema debat yang diangkat ialah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. 


Sementara itu, jurnalis televisi dari MNC Group yakni Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi, akan menjadi moderator yang akan memandu jalannya debat tersebut.

Baca Juga: Jelang Debat Ketiga Pilpres di Istora Senayan, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan Situasional



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x