Kompas TV nasional peristiwa

Jimly: Rizal Ramli Tetap Kritis saat di Dalam maupun di Luar Pemerintahan

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 15:10 WIB
jimly-rizal-ramli-tetap-kritis-saat-di-dalam-maupun-di-luar-pemerintahan
Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Jimly Asshiddiqie dalam program Rosi di Kompas TV, Kamis (9/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI Jimly Asshiddiqie mengenang mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli yang meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024).

Menurut Jimly, Rizal adalah sosok yang terus berpikir kritis baik saat berada di dalam maupun di luar pemerintahan.

Hal itu diungkapkan Jimly seusai mengunjungi rumah duka Rizal Ramli di Jakarta, Rabu (3/1/2024), seperti dilaporkan jurnalis KOMPAS TV, Dian Lestary.

“Saya yakin banyak sekali jasa beliau yang pikirannya itu untuk bangsa dan negara, maka itu jadi pelajaran kita semua. Jadi tidak banyak orang seperti beliau ini, yang di mana dia posisinya dalam pemerintahan atau di luar, berpikirnya terus kritis untuk perbaikan,” ucapnya.

Baca Juga: Kenang Rizal Ramli, Jusuf Kalla: Saya Sering Beda Pendapat Dengannya, tapi Kami Tetap Bersahabat

“Ini yang kita perlukan sekarang karena kita sudah 25 tahun reformasi menuju 20 tahun Indonesia emas, pertengahan abad 21 yang penuh gejolak seperti dulu pertengahan abad 20 penuh gejolak ada perang dunia ke-3, maka pertengahan abad ke-21 mungkin akan banyak lagi perubahan dasar, maka sekarang ini butuh dengan komitmen perbaikan,” imbuh Jimly.

Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Rencananya, jenazah Rizal akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada Kamis (4/1/2024).

“Dimakamkan di TPU Jeruk Purut, yang mana istri beliau juga dimakamkan di Jeruk Purut,” kata Yosef Sampurna Nggarang, perwakilan keluarga Rizal Ramli, Rabu (3/1/2024) dini hari, di rumah duka di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Rizal Ramli di Mata Anies Baswedan: Putra Minang yang Menjadi Pejuang

Jenazah Rizal Ramli tiba di rumah duka pada Rabu sekitar pukul 00.52 WIB. Ia dibawa menggunakan mobil ambulans dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Yosef mengatakan pihaknya masih menunggu anak Rizal Ramli yang tengah berada di Amerika Serikat.

“Anaknya baru dari Indonesia tanggal 28 kemarin. Dan lagi proses ke sini. Kemungkinan secepatnya datang ke sini,” ujar Yosef, seperti dikutip dari Warta Kota.

Sementara berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV, Dian Silitonga, pemakaman Rizal Ramli akan dilakukan pada Kamis (4/1/2024) siang karena masih menunggu putri bungsunya yang sedang dalam perjalanan kembali menuju Indonesia.


 



Sumber : Kompas TV, Warta Kota


BERITA LAINNYA



Close Ads x