Kompas TV nasional peristiwa

Bagikan BLT El Nino, Jokowi: Karena Ada Kenaikan Harga Barang, Ini Dipakai untuk Nutup Itu

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 12:50 WIB
bagikan-blt-el-nino-jokowi-karena-ada-kenaikan-harga-barang-ini-dipakai-untuk-nutup-itu
Presiden Joko Widodo menyerahkan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino kepada sejumlah penerima manfaat di Kantor Pos Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino kepada sejumlah penerima manfaat di Kantor Pos Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/12/2023). Para penerima adalah petani yang terdampak kekeringan. 

Presiden menyampaikan, BLT El Nino tersebut diberikan untuk meningkatkan daya beli masyarakat karena kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

“BLT El Nino ini digunakan karena ada kenaikan barang, beras yang naik dikit, ini dipakai untuk nutup itu,” kata Jokowi, dikutip dari laman resmi Presiden RI. 

“Alhamdulillah,” ungkap masyarakat.

Baca Juga: Sudah Sehat Lagi, Luhut Binsar Pandjaitan Kembali Pimpin Kemenko Marves Usai Lapor Presiden Jokowi

Selain BLT El Nino senilai Rp400.000, Jokowi menyebut pemerintah juga telah menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah sejumlah 10 kilogram sejak September 2023.

“Nanti Januari, Februari, Maret (2024) yang 10 kilo dilanjutkan lagi,” imbuhnya.

Sumiatun, salah satu penerima manfaat, merasa bersyukur dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Dia berharap bantuan serupa bisa dilanjutkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

“Bahagia alhamdulillah bersyukur semoga terus berlanjut bisa meningkatkan ekonomi rakyat Indonesia,” ucapnya. 

Baca Juga: Penumpang Kereta Whoosh Tembus 1 Juta, Menhub: Indonesia Sejajar dengan Negara Maju

Jokowi tiba di Bandara Internasional Banyuwangi dengan menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan disambut langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu pagi. 

Selain memantau penyaluran BLT El Nino, Jokowi dijadwalkan berdialog dengan warga penerima sertifikat Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di lapangan Maron, Kecamatan Genteng.

Data Pemkab Banyuwangi menyebutkan terdapat sebanyak 15.107 keluarga mendapatkan SK Biru dalam program TORA tahap pertama dengan luasan total 694 hektare. Ini menjadi capaian terbesar program TORA di Indonesia.

Baca Juga: Temuan Cadangan Gas Besar di Perairan Andaman Selatan Aceh

Kemudian di Banyuwangi, penerima BLT El Nino tercatat ada sebanyak 111.127 keluarga penerima manfaat (KPM). Penyalurannya sudah dimulai sejak 20 Desember 2023 lewat Kantor Pos.

Presiden Jokowi juga direncanakan meninjau Pasar Rogojampi, sekaligus membagikan bantuan kemasyarakatan (uang tunai) kepada pedagang dan bantuan sembako.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x