Kompas TV nasional rumah pemilu

Analisis Drone Emprit soal Debat Cawapres: Gibran Paling Banyak Dibicarakan di X

Kompas.tv - 23 Desember 2023, 09:01 WIB
analisis-drone-emprit-soal-debat-cawapres-gibran-paling-banyak-dibicarakan-di-x
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat perdana cawapres pada Jumat (22/12/2023) di Jakarta Convention Center (JCC). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga analisis media sosial Drone Emprit merilis analisis popularitas calon wakil presiden (cawapres) dalam debat cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023) malam. 

Founder Drone Emprit, Ismail Fahmi, melalui X menyampaikan hasil analisis terhadap volume dan tren percakapan di antara tiga nama cawapres, yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Hasil analisis menunjukkan bahwa volume dan tren percakapan tentang Gibran menjadi yang paling tinggi dibandingkan dua nama cawapres lain, bahkan sebelum debat dimulai.

Baca Juga: Hasto PDIP Sebut Gibran Ikuti Strategi Jokowi Saat Debat Perdana Cawapres: Dulu Dilakukan ke Prabowo

“Dan selama debat, Gibran tetap paling tinggi, diikuti oleh Muhaimin Iskandar, lalu jauh paling sedikit adalah Mahfud MD,” tulis Ismail Fahmi, Sabtu (23/12/2023).

Jika dirinci, nama Gibran mendapatkan total percakapan di X sebanyak 67 ribu kali, Cak Imin 37,9 ribu kali, dan Mahfud MD 18 ribu kali.

Gibran juga mendapatkan sentimen positif yang paling banyak, yakni 70 persen, sedangkan Mahfud MD 69 persen dan Cak Imin 48 persen.

Cak Imin menjadi cawapres yang mendapatkan sentimen negatif paling banyak, yakni 41 persen, diikuti dengan Gibran 23 persen, dan Mahfud 16 persen.

Adapun, postingan tentang Cak Imin yang paling banyak di-retweet adalah postingan dari akun @andihiyat yang menyinggung penampilan Anies Baswedan saat menonton Cak Imin dengan gambar SpongeBob yang gugup.

Postingan tentang Gibran yang paling banyak di-retweet adalah postingan dari komika Arie Kriting yang memuji kemampuan putra sulung Jokowi saat debat.

“Tweet ini menyampaikan pendapat positif tentang performa Gibran, menyiratkan bahwa ia memiliki keahlian dan kemampuan yang layak, yang mungkin dihubungkan dengan penampilannya dalam sebuah debat atau kegiatan politik terkait,” kata Ismail.

Baca Juga: Cak Imin Balik Tanya ke Gibran soal ‘SGIE’ hingga Diingatkan oleh Moderator

Sementara, postingan tentang Mahfud yang paling banyak di-retweet adalah postingan dari @PartaiSSocmed yang menyampaikan komentar Mahfud yang dinilai kalah data dari cawapres lain.


Sebagai informasi, analisis volume dan tren percakapan debat cawapres ini dilakukan dengan menggunakan keyword yang berkaitan dengan masing-masing cawapres untuk crawling data di X.

Adapun, data yang diambil adalah data pada Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 - 21.59 WIB.



Sumber : Drone Emprit

BERITA LAINNYA



Close Ads x