Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasto PDIP Sebut Gibran Ikuti Strategi Jokowi Saat Debat Perdana Cawapres: Dulu Dilakukan ke Prabowo

Kompas.tv - 23 Desember 2023, 07:25 WIB
hasto-pdip-sebut-gibran-ikuti-strategi-jokowi-saat-debat-perdana-cawapres-dulu-dilakukan-ke-prabowo
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto menyebut cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengikuti strategi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjalani debat perdana. 

Hasto menanggapi sikap Gibran yang memberikan pertanyaan State of the Global Islamic Economy (SGIE) atau posisi ekonomi syariah Indonesia secara global kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar.

"Ini kan suatu pengulangan dari apa yang dilakukan Pak Jokowi pada tahun 2014 ke Pak Prabowo dan Hatta," kata Hasto di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023). 

Baca Juga: Mahfud Paling Banyak Dicari, Gibran Slepet Cak Imin Soal IKN

Menurut dia, itu merupakan pertanyaan jebakan, yang seharusnya tak perlu dilakukan oleh seorang calon pemimpin Indonesia. 

"Sehingga ini adalah question trap yang kemudian seharusnya tidak perlu dilakukan, karena tujuan kita adalah untuk mencapai suatu gagasan yang terbaik dari para cawapres sebagai pendamping presiden di dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya. 

Meski begitu, ia mengaku puas dengan penampilan jagoannya, yakni cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. 

"Kalau kami lihat monitoring dari sosial media, maka Prof Mahfud itu memiliki restriksi yang paling kecil dna kemudian tidak pernah melakukan serangan jebakan itu."

"Itu tidak pernah dilakukan karena panggung yang dipakai Prof Mahfud adalah panggung pengalaman, panggung komitmen, panggung kemanfaatan dari kebijakan pemerintah untuk kepentingan wong cilik," katanya. 


Sementara, kata dia, penampilan Gibran terkesan seperti hafalan dan bukan tercipta murni dari pemikirannya. 

"Ini yang membedakan. Sementara mas Gibran lebih banyak ke textbook," katanya. 

Baca Juga: Muhaimin Jawab Kritik Gibran dan Mahfud soal Dirinya Ingin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta

Tema yang dibahas dalam debat cawapres perdana meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x