Kompas TV nasional rumah pemilu

Debat Cawapres: Gibran Tanya soal Carbon Capture and Storage kepada Mahfud MD, Apa Itu?

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 22:32 WIB
debat-cawapres-gibran-tanya-soal-carbon-capture-and-storage-kepada-mahfud-md-apa-itu
Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam debat cawapres 2024, calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, sempat memberi pertanyaan kepada calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD tentang Carbon Capture and Storage. Apa itu Carbon Capture and Storage?

"Ini karena Prof Mahfud adalah ahili hukum saya ingin bertanya bagaimana regulasi untuk Carbon Capture and Storage?" tanya Gibran dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023) malam.

Mahfud lalu memaparkan bagaimana menyusun regulasi yang salah satunya diawali dengan membuat naskah akademik terlebih dahulu.

Akan tetapi, Gibran tidak puas dengan jawaban Mahfud dan kembali menanyakan tentang regulasi Carbon Capture and Storage.

Kemudian pada segmen selanjutnya, Mahfud menjelaskan, Carbon Capture and Storage itu merupakan bagian dari tema dalam debat keempat.

Lantas apa itu Carbon Capture and Storage?

Carbon Capture and Storage

Dilansir laman esdm.go.id, Carbon Capture and Storage (CCS) merupakan salah satu teknologi mitigasi pemanasan global dengan cara mengurangi emisi CO2 ke atmosfer. 

Teknologi ini merupakan rangkaian pelaksanaan proses yang terkait satu sama lain, mulai dari pemisahan dan penangkapan (capture) CO2 dari sumber emisi gas buang (flue gas), pengangkutan CO2 tertangkap ke tempat penyimpanan (transportation), dan penyimpanan ke tempat yang aman (storage).

Baca Juga: Gibran Tanya soal Carbon Capture Storage, Mahfud Jelaskan Naskah Akademik

Pemisahan dan penangkapan CO2 dilakukan dengan teknologi absorpsi yang sudah cukup lama dikenal oleh kalangan industri. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x