Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud MD Sebut Kemiskinan di Indonesia Terjadi karena Korupsi: Koruptor, Mundur Kau Wir!

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 19:55 WIB
mahfud-md-sebut-kemiskinan-di-indonesia-terjadi-karena-korupsi-koruptor-mundur-kau-wir
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, di debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, menyoroti kasus korupsi yang marak di Indonesia saat memaparkan visi-misi dalam debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023).

Ia mengatakan, setelah reformasi, perekonomian Indonesia belum pernah tumbuh 7 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 7 persen pada kurun 1989-1991 di era Orde Baru.

Dia lantas bertanya, mengapa perekonomian Indonesia begitu sulit untuk tumbuh, padahal negaranya sama?

Baca Juga: Gibran Dipastikan Sopan di Debat Cawapres, TKN Minta Mahfud dan Cak Imin Tak Menyerang

“Pertanyaan itu saya sampaikan ke ahli, mereka mengatakan, ‘Hanya karena kebodohan kita. Kita tidak bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi 7 persen. Kita ini kaya raya,’” ujar Mahfud.

Menurutnya, korupsi yang merajalela di Indonesia menjadi salah satu faktor perekonomian Indonesia sulit tumbuh sebesar 7 persen. Korupsi, imbuhnya, tumbuh subur di berbagai sektor ekonomi.

“Masalahnya, banyak korupsi dan inefisiensi di sektor-sektor pertumbuhan ekonomi, yakni di konsumsi, belanja pemerintah, ekspor-impor, dan investasi,” jelasnya.

Mahfud bilang, korupsi juga terjadi di tiga lembaga negara, yakni yudikatif, eksekutif, dan legislatif. Ia menambahkan, korupsi juga terjadi di sektor pertanahan dan pertambangan, hingga udara.

Hal inilah yang menurut Mahfud, membuat rakyat terus miskin. Dia lantas menyampaikan tekadnya untuk memberantas korupsi jika ia terpilih sebagai cawapres pada Pilpres 2024.

“Kuncinya bagaimana kita memberantas korupsi. Kalau istilah anak muda, ‘Hai koruptor, kutabrak kau. Hai wir, mundur kau wir,'” tegas Mahfud.

“Jangan biarkan kekayaan itu beredar di antara orang kaya!”

Baca Juga: Ketua KPU Berharap Debat Cawapres 2024 Bisa Pengaruhi Pilihan Rakyat

Sebagai informasi, tema debat cawapres malam ini adalah ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Adapun yang bertindak sebagai panelis adalah Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman 2016-2021), Adhitya Wardhono (Ekonom dan pengajar di Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Rektor Universitas Katolik Atma Jaya 2015-2023), Fauzan Ali Rasyid (Dekan FSH UIN Bandung), Hendri Saparini (Pendidi Core Indonesia), Hyronimus Rowa (Wakil Rektor IPDN).

Kemudian, Poppy Ismalina (Associate Professor FEB UGM), Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu), Suharnomo (Dekan FEB Undip), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif Indef), Yose Rizal Damuri (Direktur Eksekutif CSIS).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x