Kompas TV nasional rumah pemilu

Sekjen PDI-P Beberkan Arahan Megawati ke Mahfud MD di Debat Cawapres Perdana Pilpres 2024

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 18:39 WIB
sekjen-pdi-p-beberkan-arahan-megawati-ke-mahfud-md-di-debat-cawapres-perdana-pilpres-2024
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDI-P Hasto Kristiyanto di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) jelang debat cawapres. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv) 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDI-P Hasto Kristiyanto menyatakan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri telah memberikan masukan kepada Cawapres nomor urut 2 Mahfud MD dalam menghadapi debat perdana pada malam ini. 

"Ibu Mega berulang kali telah memberikan masukan-masukannya, misalkan komitmen terhadap fakir miskin dan anak telantar dipelihara negara," kata Hasto di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Hasto menjelaskan, Menteri PAN-RB Azwar Anas pun ikut memberikan masukan kepada Mahfud dalam persiapan debat untuk menghadapi Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. 

Baca Juga: Timses Muhaimin, Gibran, Mahfud Ungkap Persiapan Masing-Masing Jelang Debat Cawapres 2024

"Bahkan Ibu Mega juga sudah menugaskan Abdullah Azwar Anas, untuk memberikan masukan secara khusus karena pengalamannya sebagai Bupati 2 periode, pengalamannya sebagai Menteri Aparatur Negara dan Reformasi di mana seluruh aparatur negara didasarkan kepada kinerja yang jelas di dalam menciptakan lapangan kerja untuk rakyat, mengurangi kemiskinan dan sebagainya," katanya.

Hasto mengaku tak khawatir dengan tema debat hari ini. Ia meyakini bila Mahfud tak akan terpancing emosi dalam debat nanti. 

"Di dalam debat pertama kita lihat bagaimana Pak Prabowo sampai emosi sehingga kebawa sampai berhari-hari dan keluar 'etika ndasmu'. Sementara Pak Ganjar-Prof Mahfud menampilkan gagasan yang autentik disertai karakter pemimpin yang baik, karakter pemimpin yang melayani berpihak bagi wong cilik," katanya.

Menurutnya, Mahfud merupakan sosok yang memiliki banyak pengalaman. 

"Prof Mahfud kan pengalaman di tiga lembaga. Tiga lembaga. Eksekutif, legislatif dan yudikatif. Sehingga beliau sosok yang berpengalaman, sosok yang akan menggunakan pemahaman beliau terhadap hukum untuk menciptakan keadilan di dalam ranah ekonomi. Ini yang ditunggu oleh rakyat," ungkap dia. 

Adapun tema debat cawapres nanti adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI juga sudah menyiapkan 11 panelis untuk menyusun pertanyaan dan dua moderator yang memimpin debat perdana cawapres 2024 tersebut. 

Kesebelas panelis dalam debat cawapres malam ini:



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x