Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Sediakan Podium di Debat Cawapres Malam Ini, Alat Bantu Lain cuma Kertas dan Alat Tulis

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 06:15 WIB
kpu-sediakan-podium-di-debat-cawapres-malam-ini-alat-bantu-lain-cuma-kertas-dan-alat-tulis
Poster debat Cawapres KompasTV, ini jadwal lengkap debat pertama Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023) malam. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyediakan podium dalam debat kedua khusus untuk calon wakil presiden (Cawapres) pada Jumat (22/12/2023) malam ini. 

Ketua KPU Hasyim Hasyim Asy'ari menjelaskan adanya podium ini atas usulan dari masing-masing tim pasangan Capres-Cawapres. 

Usulan tersebut kemudian diterima dengan baik, dan nantinya saat debat kedua dan selanjutnya masing-masing Capres ataupun Cawapres yang melaksanakan debat akan berbicara di podium yang disediakan KPU. 

Hasyim menambahkan dalam debat kedua, Cawapres hanya boleh membawa kertas dan bolpoin atau alat tulis sebagai alat bantu. Di luar itu peserta debat tidak diperkenalkan menggunakan alat bantu lain.

Kertas dan alat tulis bisa dibawa masing-masing Cawapres ke podium debat. 

Baca Juga: Anies Sebut Cak Imin Kuasai Materi dan Siap Bertarung di Debat Cawapres Esok

Menurut Hasyim aturan ini sudah diterapkan di debat pertama khusus Capres pada Selasa (12/12/2023). Ia jika membantah di debat pertama ada alat bantu lain yang disediakan untuk para Capres. 

"Jadi alat bantu lain, seperti teleprompter atau IPad atau yang lain-lain tidak diperbolehkan. Alat bantu yang diperbolehkan dan disepakati berupa kertas dan alat tulis. Debat pertama juga tidak ada alat bantu yang digunakan masing-masing Capres," ujar Hasyim saat jumpa pers di gedung KPU, Kamis (21/12), dipantau dari Breaking News KompasTV

Adapun debat kedua Pilpres 2024 ini akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (22/12) pukul 19.00 WIB dan akan disiarkan langsung oleh KompasTV. 

Debat kedua khusus untuk Cawapres ini mengangkat isu ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x