Kompas TV nasional hukum

Mundur dari Ketua KPK, Firli Bahuri Minta Maaf kepada Rakyat Indonesia dan Presiden Jokowi

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 21:44 WIB
mundur-dari-ketua-kpk-firli-bahuri-minta-maaf-kepada-rakyat-indonesia-dan-presiden-jokowi
Ketua KPK Firli Bahuri tiba di Bareskrim Polri untuk diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke eks Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kamis (16/11/2023). (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia setelah mengundurkan diri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

"Saya mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia karena saya tidak mampu menyelesaikan (masa jabatan) dan juga tidak bisa menyelesaikan untuk perpanjangan (masa jabatan)," kata Firli di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Kamis (21/12/2023) malam.

Firli juga menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena tidak bisa menyelesaikan amanat untuk memimpin lembaga antirasuah.

"Saya mohon kepada bapak presiden berkenan menerima permohonan maaf kami," ujarnya.

Baca Juga: Firli Bahuri Nyatakan Mengundurkan Diri sebagai Ketua KPK

Firli mengumumkan pengunduran dirinya kepada wartawan di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Kamis malam.

"Saya mengakhiri tugas saya sebagai Ketua KPK, dan saya menyatakan berhenti, dan saya juga menyatakan tidak berkeinginan untuk memperpanjang masa jabatan saya," ujarnya.

Firli mengatakan pengunduran dirinya telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara serta kepada jajaran pimpinan KPK dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Dia menuturkan, pengunduran dirinya setelah 4 tahun mengabdi sebagai pimpinan KPK, demi menjaga stabilitas nasional jelang Pemilu 2024.

"Saya sampaikan kembali, dalam rangka menjaga stabilitas nasional, menjaga kepentingan umum, suksesnya Pilpres 2024 dan juga gelaran pesta demokrasi tahun 2024, maka saya menyatakan diri mendukung suksesnya pilpres supaya berjalan aman, tertib, lancar, demokratis."

Baca Juga: Reaksi Polda Metro Jaya Firli Bahuri Mangkir Pemeriksaan: Alasannya Tidak Wajar dan Tak Patut



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x