Kompas TV nasional rumah pemilu

KPU Minta LO dari Masing-Masing Tim Pasangan Calon Jaga Ketertiban Pendukung dalam Debat Cawapres

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 18:30 WIB
kpu-minta-lo-dari-masing-masing-tim-pasangan-calon-jaga-ketertiban-pendukung-dalam-debat-cawapres
Ketua KPU Hasyim Asyari (tengah) menjelaskan kesiapan debat cawapres perdana di gedung KPU, Jakarta, Kamis (21/12/2023). Debat cawapres perdana akan digelar di JCC, Senayan,  Jumat (22/12/2023). (Sumber: YouTube KPU RI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta masing-masing tim pasangan capres-cawapres untuk menunjuk naradamping atau liaison officer (LO) yang bertugas mengendalikan dan menjaga ketertiban para pendukungnya dalam debat cawapres perdana pada Jumat (22/12/2023) besok.

Hal itu berkaca pada debat capres perdana pada 12 Desember lalu di mana terjadi aksi provokasi agar para pendukung mendukung capres yang berada di atas panggung debat. 

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan, dari evaluasi yang dilakukan terhadap debat capres perdana tersebut, masing-masing tim pasangan capres-cawapres sudah sepakat agar para pendukung yang hadir tetap kondusif saat acara berlangsung.

Baca Juga: Debat Cawapres Dibuat Sedikit Berbeda: Kandidat Bicara di Podium, Gibran Awali Giliran

"Ini sudah disepakati, sehingga kehadiran dan tata tertib di ruang debat itu dari masing-masing LO dari masing-masing pasangan calon," ujar Hasyim dalam jumpa pers di gedung KPU, Kamis (21/12/2023).

"Situasi kemarin yang dianggap tidak tertib itu juga sudah kita sampaikan dalam evaluasi, kita berikan teguran supaya hal-hal yang sudah disepakati tidak dipenuhi, tidak diulang lagi di arena debat," sambungnya.

LO atau naradamping nantinya bertugas mengendalikan masing-masing pendukung tim pasangan calon.

Hasyim menambahkan, meski lokasi debat cawapres perdana di Jakarta Convention Center (JCC) lebih besar dibandingkan tempat debat capres perdana berlangsung, jumlah undangan yang diberikan tetap sama. 

Dalam acara debat pertama, masing-masing tim pasangan calon diberi kuota 75 orang. Jumlah ini akan tetap sama dalam debat kedua besok.

Baca Juga: Ini Durasi Waktu Tiap Segmen dalam Debat Cawapres Perdana 22 Desember 2023

"Soal nanti penataan tempat duduk kita atur di lokasi sesuai dengan keperluan penayangan media televisi yang akan menyiarkan langsung debat tersebut," ujar Hasyim.

Podium 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x