Kompas TV nasional hukum

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Perintahkan Anak Buah Manipulasi Progres Proyek agar Anggaran Cair

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 08:20 WIB
gubernur-maluku-utara-abdul-gani-perintahkan-anak-buah-manipulasi-progres-proyek-agar-anggaran-cair
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba sebagai tersangka dugaan suap jual beli jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara, Rabu (20/12/2023). (Sumber: Kompas.com/Irfan Kamil)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK membeberkan peran Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dalam kasus dugaan korupsi suap proyek pengadaan barang dan jasa, serta pemberian izin di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Salah satu peran yang dilakukan Abdul Gani adalah memerintahkan sejumlah bawahannya untuk memanipulasi progres sejumlah proyek yang tengah dikerjakan.

Hal itu dilakukan agar anggaran bisa segera cair.

Diketahui, Abdul Gani Kasuba telah ditetapkan sebagai tersangka.

Ia pun telah ditahan di Rutan KPK selama 20 hari ke depan. 

Baca Juga: Konstruksi Kasus Korupsi Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Tentukan Kontraktor yang Bersedia

"Tim Penyidik menahan tersangka AGK (Abdul Gani Kasuba) untuk 20 hari pertama, terhitung mulai tanggal 19 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024 di Rutan KPK," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Alex menjelaskan, bawahan yang diperintahkan oleh Abdul Gani untuk memanipulasi progres pekerjaan sejumlah proyek antara lain Kadis Perumahan dan Pemukiman Adnan Hasanudin, Kadis PUPR Daud Ismail, dan Kepala BPPBJ Ridwan Arsan.

Awalnya, kata Alex, Abdul Gani memerintahkan Adnan Hasanudin, Daud Ismail, dan Ridwan Arsan, untuk melaporkan berbagai proyek yang akan dikerjakan di Provinsi Maluku Utara.

Mereka kemudian melapor bahwa proyek yang akan digarap yakni pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ruas Matuting-Rangaranga, serta pembangunan jalan dan jembatan ruas Saketa-Dehepodo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x