Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud Siap Hadapi Gibran dalam Debat: Saya Nggak Harus Tahu Dia Sosok Seperti Apa

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 08:26 WIB
mahfud-siap-hadapi-gibran-dalam-debat-saya-nggak-harus-tahu-dia-sosok-seperti-apa
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md saat Orasi Kebangsaan Hari Anti Korupsi Sedunia di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI nomor urut 3, Mahfud MD siap menghadapi Gibran Rakabuming Raka dalam debat perdana cawapres tanpa harus tahu sosoknya seperti apa.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud menjawab pertanyaan wartawan tentang kesiapannya menghadapi cawapres nomor urut 2 yang berlatar belakang pengusaha tersebut dalam debat pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang.

"Ya siap saja. Enggak tahu saya (bagaimana menghadapi Gibran). Pokoknya saya siap, saya enggak harus tahu dia sosok yang seperti apa," kata Mahfud, Selasa (19/12/2023) malam.

Baca Juga: Prabowo Kembali Singgung Debat Capres saat Hadir di Acara Aliansi Tionghoa Indonesia

Mahfud yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) tersebut mengaku sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti isu-isu aktual soal ekonomi.

"Baca-baca di koran tiap hari ada, tidak harus khusus membaca,” katanya.

“Di koran wah ini bicara apa nih, oh ini infrastruktur, oh ini ekonomi, oh ini soal suku bunga, ini soal inflasi. Itu kan semua ada di koran," ujarnya, dikutip Kompas.com.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat berpendapat bahwa Gibran Rakabuming Raka memiliki keunggulan dibanding dua kandidat lain dalam debat cawapres mendatang.

Gibran, kata Djarot, merupakan satu-satunya kandidat yang pernah mengikuti debat saat maju sebagai calon Wali Kota Solo.

Sedangkan dua kandidat cawapres lainnya, yakni Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar tidak memiliki pengalaman seperti itu.

"Yang paling berpengalaman untuk debat ya, itu kalau saya lihat itu Mas Gibran, karena Mas Gibran pernah debat ketika maju sebagai calon Wali Kota Solo, Pak Mahfud belum pernah, Cak Imin belum pernah," kata Djarot di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga: Daftar 11 Panelis dan Moderator Debat Cawapres Perdana pada Jumat 22 Desember

Sosok Gibran, kata Djarot, tidak boleh diremehkan dalam debat cawapres.

"Jangan underestimate pada Mas Gibran, Dia menang lho di Solo, lha itu kan menunjukkan bahwa beliau sudah siap juga, jadi jangan dianggap enteng," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, debat perdana cawapres bakal mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola APBN dan APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x