Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Musim Haji, Oleh-oleh Haji Diserbu Calon Haji

Kompas.tv - 16 Mei 2024, 10:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setiap musim haji selalu membawa berkah bagi penjual oleh-oleh haji. Calon jemaah membanjiri toko-toko untuk berbelanja. Salah satu toko oleh-oleh haji dan umroh yang ramai dikunjungi calon haji adalah toko di Kauman, Kota Semarang. Penjualan oleh-oleh haji mereka naik sekitar 50 persen dibanding hari-hari biasa.

Biasanya para pelanggannya lebih memilih sejumlah paket oleh-oleh haji sebab lebih terjangkau. Pelanggan juga bisa meminta sesuai keinginan jenis oleh-oleh apa saja yang diinginkan. Mayoritas pelanggan yang datang sudah berbelaja oleh-oleh haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Paket oleh-oleh haji yang paling banyak diminati berupa makanan. Namun, ada juga konsumen yang lebih memilih oleh-oleh haji berupa souvenir.

Harga oleh-oleh haji ini bervariasi, mulai dari Rp 10.000 peritem, hingga ratusan ribu rupiah. Sedangkan harga untuk yang perpaket mulai Rp 20.000an saja.

“Biasanya paket eksklusif haji, pesannya sebelum berangkat. Ada makanan, ada sajadah, ada tasbih, ada kosmetik juga. Varian kosmetik dari Rp 10.000, kalau makanan dari Rp 15.000 sampai harga Rp 100.000 Rp 120.000 ada. Yang paketan ada yang Rp 27.000, ada yang Rp 26.000 juga. Kalau hari biasa ke musim haji mungkin sampai 50 persen lebih,” tutur Nurwanti, karyawan.

Para pelanggan tak hanya dari Kota Semarang saja, namun datang dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Sedangkan oleh-oleh haji berupa makanan kebanyakan impor dari Timur Tengah, termasuk sajadah. Namun, banyak juga souvenir buatan dalam negeri Indonesia.

#haji #oleholehhaji #musimhaji



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Ironi Stadion Olimpiade Berlin

13 Juli 2024, 15:05 WIB

Close Ads x