Kompas TV nasional rumah pemilu

Andi Arief Sebut Debat Cawapres Pepesan Kosong, karena Wapres Hanya Ban Serep

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 14:18 WIB
andi-arief-sebut-debat-cawapres-pepesan-kosong-karena-wapres-hanya-ban-serep
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019. (Sumber: ANTARA/Aprillio Akbar) 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief menyebut gelaran debat calon wakil presiden (cawapres) hanya sebuah pepesan kosong. 

Sebab, bila nanti cawapres terpilih menjadi wakil presiden (wapres) itu tak memiliki kebijakan untuk melakukan sebuah terobosan. 

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres, TPN Sebut Mahfud Fokus Tuntaskan Masalah Perumahan Bagi Kaum Milenial

"Menurut UUD, wapres itu ban serep. Tidak punya tanda tangan kebijakan," kata Andi Arief dalam cuitannya dalam akun X pribadinya @Andiarief__, Selasa (19/12/2023).

Menurut dia, bila nantinya Presiden menugaskan seorang wapres, yang bersangkutan tetap tak bisa memiliki kebijakan apapun. 

"Kalau presiden menugaskan kewenangan, itu bagian kewenangan presiden. Debat cawapres itu pepesan kosong. Banyak yang lupa wapres itu hanya ban serep," katanya.

Pada Jumat (22/12/2023), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menyelenggarakan debat perdana cawapres 2024. 


 

Dalam debat itu akan diiikuti oleh Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Debat rencananya akan digelar mulai pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Baca Juga: TKN Yakin Gibran Unggul dalam Debat Kedua: Beliau Cerdas Kok

Tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x