Kompas TV nasional rumah pemilu

Dikritik karena Ndasmu Etik, Prabowo: Orang Banyumas Biasa Bicara seperti Itu

Kompas.tv - 17 Desember 2023, 16:40 WIB
dikritik-karena-ndasmu-etik-prabowo-orang-banyumas-biasa-bicara-seperti-itu
Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dalam acara Konsolidasi Nasional Partai Gerindra di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (15/12/2023). (Sumber: Dok. TKN Prabowo-Gibran/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

BLITAR, KOMPAS.TV - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebut ungkapan ndasmu etik yang diucapkannya yang viral belakangan ini tidak bisa dipisahkan dengan latar belakangnya yang terkait Banyumas. Keluarga Prabowo dari pihak ayah diketahui berasal dari Kebumen dan Banyumas, Jawa Tengah.

Prabowo pun menjelaskan bahwa ungkapan "ndasmu etik" hanya sebatas candaan di kalangan internal Partai Gerindra. Kandidat yang didampingi Gibran Rakabuming Raka itu menyebut ungkapan "ndasmu etik" terlontar karena ia sedang bicara dalam pertemuan tertutup untuk kader partai.

Baca Juga: Prabowo Ucapkan Ndasmu Etik, Timnas Anies Harap Tak Benar, Ganjar Bilang Masyarakat Bisa Menilai

“Itu kan di dalam, di antara keluarga (Gerindra) ya kan, tetapi biasa orang Indonesia cari-cari, mau dibesar-besarkan," kata Prabowo saat berkampanye di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023).

"Itu di antara keluarga kita bicara, dan itu kan bicara orang Banyumas biasalah bicara-bicara seperti itu,” ujarnya sebagaimana dikutip Antara.

Ketua Umum Gerindra itu pun meminta agar ungkapan "ndasmu etik" dalam pidatonya tidak usah dibesar-besarkan. Menurutnya, "ndasmu etik" hanya kelakar biasa.

Sebelumnya, potongan video pidato Prabowo dalam rakornas Partai Gerindra di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (15/12) viral di media sosial karena calon presiden itu menyerapah dengan bahasa Jawa. Prabowo berserapah "ndasmu etik" ketika menyinggung pertanyaan Anies Baswedan kepadanya mengenai putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“'Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik?' Etik, etik, etik... Ndasmu etik," kata Prabowo dalam potongan video yang viral tersebut.

Baca Juga: Anies Respons Pidato 'Ndasmu Etik' Prabowo: Etika Mulainya dari Kepala


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x