Kompas TV nasional peristiwa

Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan di Nias Utara, ASN Ini Diberi Satyalancana Wira Karya

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 02:00 WIB
sukses-tingkatkan-kesejahteraan-nelayan-di-nias-utara-asn-ini-diberi-satyalancana-wira-karya
Sebanyak 9 Kepala Daerah dan 1 Kepala Dinas menerima Satyalancana Wira Karya, yang diberikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada Rabu (13/12/2023) (Sumber: Dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.TV)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Pada puncak peringatan Hari Nusantara yang berlangsung di Tidore, Maluku Utara, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyerahkan tanda kehormatan kepada 9 Kepala Daerah dan 1 Kepala Dinas yang layak menerima Satyalancana Wira Karya, pada Rabu (13/12/2023).

Salah satunya adalah Sabar Jaya Telaumbanua, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Nias Utara yang dihargai atas dedikasinya dalam Bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan, dan Pembangunan Kelautan pada tahun anggaran 2022.

Seremoni tersebut mencerminkan pengakuan pemerintah terhadap kontribusi luar biasa mereka dalam memajukan sektor kelautan.

Sabar Jaya diakui berhasil meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Nias Utara. Upayanya terfokus pada memberikan nilai tambah pada hasil tangkapan nelayan, salah satunya melalui proses pengasapan ikan.

“Kami dianggap berhasil menyediakan sarana pengasapan ikan yang meningkatkan nilai tambah dan nilai jual komoditas perikanan sehingga mengangkat perekonomian masyarakat pesisir di Kabupaten Nias Utara menjadi lebih sejahtera,” kata Sabar Jaya.

Baca Juga: Beri Penghargaan pada Daerah yang Berinovasi, Kemendagri Gelar 'Innovative Government Award 2023'!

Di samping itu, melalui berbagai pendampingan, Kabupaten Nias Utara berhasil meningkatkan produksi perikanan tangkapnya dengan cara yang signifikan. Bahkan, mereka berhasil mengekspor hasil tangkapan ikan ke luar negeri, menggunakan pintu utama ekspor di Jakarta.


 

Upaya ini tidak hanya berdampak positif pada tingkat produksi lokal tetapi juga membuka peluang pasar internasional bagi produk perikanan daerah tersebut.

Berikut adalah nama-nama penerima tanda kehormatan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 20/TK/Tahun 2023;

  1. Khofifah Indar Parawansa, selaku Gubernur Jawa Timur,
  2. H. Sutarmidji, SH, M.Hum, selaku Gubernur Kalimantan Barat,
  3. Achmad Fauzi, SH, MH, selaku Bupati Sumenep,
  4. H. Mochamad Nur Arifin, selaku Bupati Trenggalek,
  5. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, selaku Bupati Banyuwangi,
  6. H. Haliana, SE, selaku Bupati Wakatobi,
  7. Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si, selaku Bupati Bantaeng, Sulawesi Selatan, untuk masa jabatan 2018-2023,
  8. H. Muh. Basli Ali, selaku Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, untuk periode 2020-2024,
  9. Drs. H. M. Judas Amir, MH, selaku Wali Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan, selama periode 2018-2023,
  10. Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si, selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, sejak tahun 2017 hingga saat ini.

Penghargaan ini menegaskan dedikasi mereka dalam kontribusi yang luar biasa terhadap pembangunan dan pelayanan masyarakat di tingkat daerah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x