Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Tidak Ada Pembahasan Serius soal Korupsi dari Anies, Prabowo, dan Ganjar di Debat Capres

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 09:58 WIB
pengamat-tidak-ada-pembahasan-serius-soal-korupsi-dari-anies-prabowo-dan-ganjar-di-debat-capres
Tiga pasangan capres-cawapres 2024: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar; Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka; dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD . (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Peneliti Transparency International Indonesia (TII), Alfin menilai, tidak ada calon presiden (Capres) yang merespons serius persoalan korupsi dalam debat perdana Pilpres 2024.

Padahal tahun ini, indeks persepsi korupsi di Indonesia dinilai paling anjlok selama masa reformasi.

Hal tersebut disampaikan Alfin merespons debat capres yang dilakukan oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo melalui keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Kamis (14/12/2023).

“Tidak ada pembahasan yang serius dan mendetail dari ke 3 Paslon untuk merespon maraknya korupsi di Indonesia. Dari ke 3 Paslon tidak ada yang membicarakan soal isu pencucian uang dan cara untuk menaikkan Independensi KPK,” ucap Alfin.

Baca Juga: Guru Besar UPI Nilai Anies Unggul di Debat Capres: karena Buat Prabowo Menghela Nafas soal MKMK

Bukan hanya itu, Alfin juga menilai tidak ada capres yang berbicara lantang untuk bagaimana membangkitkan kembali independensi KPK.

Terlebih, kata Alfin, untuk problem-problem yang dihadapi oleh KPK hari ini.

“Di antara 3 kandidat tidak ada yang bicara lantang soal bagaimana cara membangkitkan independensi KPK dan problem KPK hari ini. Padahal 5 tahun terakhir dilihat dari kasus TPPU yang ada sekitar Rp26.000 triliun uang negara hilang dan yang kembali hanya 10%, artinya ada kendala di proses pengembalian,” kata Alfin.

Alfin menuturkan, dalam debat capres Ganjar Pranowo memang menawarkan 2 cara untuk mengembalikan independensi KPK yaitu merevisi UU KPK dan menaikkan standar etik pimpinan KPK.

Namun bagi Alfin, Ganjar tidak menjabarkan strategi apa yang harus digunakan jika cara untuk merevisi itu tidak berhasil.

Baca Juga: TKN: Ganjar dan Anies Serang Prabowo di Debat karena Hasil Survei, Semangatnya Tinggi Menyudutkan

“Oleh karenanya diperlukan road map untuk mengembalikan kembali independesi KPK, salah satunya ialah menerbitkan Kepres misalnya untuk menguatkan independensi KPK jika revisi gagal dilakukan,” tegasnya.

Alfin lebih lanjut juga menyayangkan tidak adanya capres yang membahas revisi untuk UU Tindak Pidana Korupsi dalam debat.

Ia pun menganggap para kandidiat tidak melihat persoalan ini atau hanya memaknai isu korupsi dipermukaanya saja.

“Isu utamanya tidak dilihat,” kata Alfin.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x