Kompas TV nasional rumah pemilu

TKN: Ganjar dan Anies Serang Prabowo di Debat karena Hasil Survei, Semangatnya Tinggi Menyudutkan

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 14:23 WIB
tkn-ganjar-dan-anies-serang-prabowo-di-debat-karena-hasil-survei-semangatnya-tinggi-menyudutkan
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dianggap berusaha 'menyerang' Prabowo Subianto dalam debat perdana Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023) tadi malam.

Lantaran elektabilitas Prabowo-Gibran berdasar survei Litbang Kompas berada di angka 39,3%, Anies-Muhaimin 16,7%, Ganjar-Mahfud 15,3%.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Hasan Nasbi dalam Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Rabu (13/12/2023).

“Jadi kalau buat kita itu, kalau ada kandidat yang tadi malam berusaha untuk menyerang Pak Prabowo sebuah hal yang wajar, dua-duanya menyerang Pak Prabowo sebuah hal yang wajar, mungkin juga gara-gara hasil survei KompasTV."

“Hasil survei Kompas menunjukkan jarak yang sangat jauh antara Pak Prabowo dengan 2 kandidat yang lain.”

Baca Juga: Tampil Apa Adanya, TKN Sebut Prabowo Tunjukkan Diri Bukan Aktor Watak saat Debat Perdana Capres

Bahkan, kata Hasan, jika angka pemilih yang masuk kategori Undecided Voter dibagi dua untuk kandidat capres selain Prabowo Subianto.

“Kalau angka pemilih bimbangnya (Undecided Voter) Kompas (survei Litbang Kompas -red) itu dibagi dua saja, kandidat nomor satu dan kandidat nomor 3, itu masih belum bisa mengejar angkanya Pak Prabowo,” ucap Hasan.

“Apalagi kalau dibagi 3 dibagi, kalau dibagi 3 sama rata, angka Pak Prabowo sudah sampai 48% itu. Jadi itu mungkin yang menyebabkan kandidat lain memang punya semangat yang sangat tinggi untuk menyudutkan Pak Prabowo. Tapi bagaimanapun menurut saya hal itu sebuah hal yang biasa saja dalam perdebatan, jadi tidak perlu untuk dibawa sampai ke perasaan.”

Dikutip dari Harian Kompas, elektabilitas pasangan nomor urut 2, Prabowo Subiantio-Gibran Rakabuming Raka, mengungguli dua pasangan lainnya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca Juga: Usai Debat Capres, Guru Besar UPI: Anies, Prabowo, dan Ganjar Baru 30 Persen Sentuh Undecided Voter

Hal itu terekam dalam survei Litbang Kompas periode 29 November-4 Desember 2023.

Berdasarkan survei tersebut, Prabowo-Gibran mendapatkan 39,3 persen suara. Kemudian pasangan nomor urut 1, Anies-Muhaimin meraih 16,7 persen dan pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud 15,3 persen.

Sementara pemilih yang masih bimbang (undecided voters) mencapai 28,7 persen.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x