Kompas TV nasional rumah pemilu

Usai Debat Capres, Guru Besar UPI: Anies, Prabowo, dan Ganjar Baru 30 Persen Sentuh Undecided Voter

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 10:18 WIB
usai-debat-capres-guru-besar-upi-anies-prabowo-dan-ganjar-baru-30-persen-sentuh-undecided-voter
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Guru Besar Komunikasi Politik UPI Karim Suryadi menilai penampilan kandidat capres dalam debat Pilpres 2024 baru 30 persen menyentuh “undecided voter”.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, angka undecided voter berada di 28,7 persen.

“Menurut saya 30 persen sudah menyentuh (undecided voter) karena 3 isu yang disinggung tadi malam gitu ya, itu tentang komposisi yang bisa memunculkan serangan yang sangat bagus, deffense yang sangat bagus,” ucap Karim dalam Sapa Indonesia Pagi KompasTV, Rabu (13/12/2023).

“Kemudian isu tentang IKN dan isu yang paling hangat dan berkeadilan isu tentang MKMK.”

Baca Juga: Al A’raf: Pernyataan Budiman Sudjatmiko Menyakiti Korban dan Pejuang HAM

Karim memahami mengapa angka undecided voter dalam hasil survei Litbang Kompas berada di angka 28,7 persen terkait Pilpres 2024. Menurutnya, itu terjadi karena tidak ada kandidat yang menonjol dalam Pilpres kali ini.

“Saya percaya betul undecided voter itu sekitar 30 persen, sebab yang bingung, yang bimbang itu sangat banyak, kenapa, karena kalau kita jujur, kandidat ini kan rata-rata air, enggak ada yang menonjol sama sekali kok, nggak ada sama sekali,” ucap Karim.

“Dilihat dari momentumnya nggak ada yang pas-pas banget, seseorang kandidat dikatakan momentumnya dapat ketika kemunculannya disambut dan diluluhkan sehingga sambutan masyarakat itu menutup yang lain, ini nggak kok.”

Meski begitu, Karim menilai penampilan ketiga kandidat capres dalam debat pilpres 2024 sudah sangat bagus karena menawarkan dan menampilkan preferensi.

“Saya yakin bahwa 28,7% yang disebut sebagai undecided voter adalah kelompok pemilih yang kritis, yang terbuka terhadap informasi baru, yang sikap politiknya bisa dievaluasi, sehingga dia bisa bergeser ke kiri, kesatu, kedua, ketiga.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko: Tidak Ada Bukti Hukum Prabowo Subianto Kriminal HAM, Dia Bagian dari Demokrasi

“Jadi menurut saya ini kontestasi yang sangat menarik karena undecided voter masih tinggi dan ketiganya mencoba menawarkan dan bisa menampilkan preferensi perbandingan yang cukup bagus.”

Sebagai informasi, tadi malam debat capres Pilpres 2024 sudah dilangsungkan selama 2 jam. Ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo sudah tampil dan menunjukkan gagasannya untuk Indonesia.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x