Kompas TV nasional peristiwa

KSAD Jenderal Maruli Giatkan Bersih-Bersih Kali dan Tanam Pohon: Supaya Terhindar dari Bencana

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 12:13 WIB
ksad-jenderal-maruli-giatkan-bersih-bersih-kali-dan-tanam-pohon-supaya-terhindar-dari-bencana
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak berbicara dengan wartawan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak menggiatkan bersih-bersih untuk mengantisipasi potensi banjir di Jakarta jelang musim hujan.

Saat meninjau kegiatan bersih-bersih di anak kali Krukut, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023), Maruli pun meminta masyarakat menjaga kebersihan kali.

“Pesannya sambil mengingatkan masyarakat harus menjaga. Kalau ini bersih-bersih terus, jadi tukang bersih-bersih kita. Kita kerja sambil kampanyekan supaya hidup bersih, jangan ganggu aliran air supaya terhindar dari bencana,” ucap Maruli yang didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Baca Juga: Guru Besar UPI Nilai Anies Unggul di Debat Capres: karena Buat Prabowo Menghela Nafas soal MKMK

Maruli lebih lanjut menyampaikan pihaknya juga berupaya untuk melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di area lahan yang gundul akibat kebakaran yang dipicu el nino.

“Karena peristiwa kemarin el nino banyak hutan terbakar, banyak pohon mati. Tadi kegiatannya pembersihan aliran air untuk hadapi musim hujan dan pembersihan-pembersihan sehingga tidak pengaruhi aliran air, bagus untuk kebersihan kita. Termasuk memulai menanam pohon,” terangnya.

Dia menambahkan, kegiatan bersih-bersih dan menanam pohon tidak hanya dilakukan di Kali Krukut tapi serentak di seluruh daerah.

Selain itu, Maruli menegaskan, upaya menjaga lingkungan dan melestarikan alam tidak hanya dilakukan hari ini.

Baca Juga: Usai Debat Capres, Guru Besar UPI: Anies, Prabowo, dan Ganjar Baru 30 Persen Sentuh Undecided Voter

“Tidak hari ini saja, karena seluruh Indonesia serentak,” ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x