Kompas TV nasional rumah pemilu

Tanggapi Jawaban Prabowo Soal Pelanggaran HAM di Papua, Anies: Masalahnya Bukan Kekerasan

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 20:46 WIB
tanggapi-jawaban-prabowo-soal-pelanggaran-ham-di-papua-anies-masalahnya-bukan-kekerasan
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan dalam Debat Perdana Capres di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023) malam. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, menanggapi jawaban capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, soal pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua.

Dalam debat perdana Capres yang berlangsung di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam, Prabowo menjawab pertanyaan soal pelanggaran HAM di Papua dengan mengatakan bahwa di Papua, kelompok terorisme dan separatisme sudah mengancam kelompok sipil.

Untuk itu, ia ingin menegakkan hukum di Papua, memperkuat aparat di Papua, serta mempercepat pembangunan ekonomi.

Baca Juga: Sampaikan Visi-Misi di Debat Capres, Anies Singgung Nama Pendukung Prabowo yang Tewas Mei 2019

Namun demikian, Anies Baswedan berpendapat bahwa masalah pelanggaran HAM di Papua tidak sekadar masalah kekerasan, termasuk terorisme, separatisme, maupun kriminalitas, melainkan tidak adanya keadilan di Papua.

“Tiadanya keadilan di tanah Papua. Jadi tujuannya bukan meniadakan kekerasan, tapi perdamaian. Damai itu ada keadilan,” ujar Anies, ditayangan Live KompasTV.

Untuk menghadirkan kedamaian di Papua, ungkapnya, maka peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi harus diselesaikan hingga tuntas.

Selain itu, aparat yang bekerja di Papua juga harus memastikan tidak adanya pengulangan pelanggaran HAM. Seluruh pihak-pihak juga perlu diajak berdialog untuk merumuskan kebijakan yang tepat.

“Caranya, atas semua peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi, dilakukan penyelesaiaan hingga tuntas, mencegah pengulangan, melakukan dialog,” jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebagai informasi, debat capres ini merupakan yang pertama kali digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU sendiri telah menjadwalkan debat capres cawapres sebanyak lima kali mulai hari ini, Selasa (12/12/2023) hingga 4 Februari 2024.

Baca Juga: Debat Perdana Capres-Cawapres Dimulai, Ketua KPU Harap Paslon Bisa Yakinkan Pemilih

Lima debat tersebut dirinci yakni debat pertama untuk capres, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres, dan debat kelima untuk capres.

Debat capres perdana hari ini mengusung tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x