Kompas TV nasional peristiwa

Mau Lihat Debat Capres-Cawapres Langsung di KPU? Simak Tata Tertib dan Batasan Pendukungnya!

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 16:26 WIB
mau-lihat-debat-capres-cawapres-langsung-di-kpu-simak-tata-tertib-dan-batasan-pendukungnya
Calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kedua kiri), Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto (ketiga kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kanan), serta Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo (kedua kanan) dan Mahfud MD (kanan) berfoto bersama dengan menunjukkan nomor hasil undian pada Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres, di Kantor KPU, Selasa (14/11/2023). Debat perdana capres digelar malam ini, Selasa (12/12). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi mengerahkan 2.120 personel gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait untuk mengamankan debat perdana Calon Presiden 2024 di Kantor KPU, Jakarta Pusat hari ini Selasa (12/12/2023).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, mengonfirmasi bahwa pengamanan ini mencakup penempatan anggota dari ring satu hingga ke area luar KPU.

"Jumlah personel gabungan yang akan melakukan pengamanan pelaksanaan debat perdana Capres 2024 berjumlah 2.120 personel. Pengamanan gabungan ini terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait," ungkap Susatyo dikutip dari Antara.

Tata Tertib dan Batasan Pendukung

Baca Juga: Timses Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud Ungkap Persiapan Debat Pilpres 2024

KPU telah menetapkan tata tertib bagi para pendukung pasangan calon, termasuk pembatasan jumlah pendukung dan larangan membawa alat peraga kampanye.

Hanya undangan yang diizinkan masuk ke area debat, dan pendukung hanya diperbolehkan memakai pakaian bertema kampanye.

"Untuk jumlah dari pendukung paslon juga sudah dibatasi, sekian orang dan tata tertib sudah diatur KPU. Kita tinggal melaksanakan teknis pengamanan. Kami akan jaga dan kawal sepenuhnya," ujar Kombes Susatyo.

Baca Juga: Jelang Debat Pilpres 2024, Polisi Sterilkan Jalan Depan Kantor KPU RI, Mulai Muncul Kemacetan

Mulai pukul 16.00 WIB, akan ada sterilisasi dan rekayasa lalu lintas di sekitar Kantor KPU, terutama di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Ini dilakukan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas saat debat berlangsung.

"Kegiatan debat ini salah satu dari tahapan Pemilu 2024, sehingga harus kami amankan agar kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Dalam pelaksanaan pengamanan, kami tekankan kepada seluruh anggota agar dilaksanakan dengan humanis," jelasnya.

Baca Juga: Debat Perdana Capres dengan Tema Hukum, HAM dan Korupsi, Mampu Tarik Suara Pemilih Bimbang?

Susatyo mengimbau masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif pada Selasa sore, mengingat rekayasa lalu lintas di sekitar KPU.

Ia juga mengajak simpatisan dan pendukung paslon untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama prosesi debat.

Detail Rekayasa Lalu Lintas

Berikut adalah rincian rekayasa lalu lintas saat debat Capres berlangsung:

  • TL Imam Bonjol/Graha Mandiri: Kendaraan dari Bundaran HI ke Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim atau Jalan Pamekasan.
    • Kendaraan dari Jalan H Agus Salim ke Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok kanan ke Bundaran HI.

Baca Juga: Link dan Cara Pengisian DRH NI PPPK 2023, Ini Jadwal dan Dokumen yang Dibutuhkan

  • TL HOS Cokroaminoto: Kendaraan dari Jalan Rasuna Said ke Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau belok kanan ke Jalan Diponegoro.
    • Kendaraan dari Jalan Diponegoro ke Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said atau kanan Jalan HOS Cokroaminoto.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x