Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Debat Pilpres 2024, Polisi Sterilkan Jalan Depan Kantor KPU RI, Mulai Muncul Kemacetan

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 14:52 WIB
jelang-debat-pilpres-2024-polisi-sterilkan-jalan-depan-kantor-kpu-ri-mulai-muncul-kemacetan
Suasana jalan depan Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). Dalam hitungan beberapa jam lagi, akan berlangsung debat perdana Capres peserta Pilpres 2024, Selasa malam nanti. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Aparat kepolisian sudah mulai menutup Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, tepatnya depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa (12/12/2023). 

Penutupan itu sebagai langkah pengamanan jelang digelarnya debat calon presiden (Capres) Pilpres 2024 yang dilaksanakan pada hari ini. 

Lalu lintas di depan Kantor KPU RI sudah tak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Hanya aparat kepolisian dan awak media yang bisa melintas di kawasan tersebut. 

Baca Juga: Debat Perdana Capres dengan Tema Hukum, HAM dan Korupsi, Mampu Tarik Suara Pemilih Bimbang?

Kemudian, akibatnya, lalu lintas di sekitar KPU RI, perempatan Jalan  HOS Tjokroaminoto dekat Kantor KPU macet total. 

Kendaraan dari arah Jalan Rasuna Said ataupun Menteng terpaksa melambat di lampu merah dekat KPU.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengimbau kepada masyarakat Jakarta yang pulang kerja untuk menghindari jalan di seputaran kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, sore hari ini, Selasa (12/12/2023). 

"Karena juga bertepatan dengan jam pulang kantor, kami mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari area seputaran KPU ini, bisa menggunakan ruas jalan lainnya. Kami telah berkoordinasi dengan jajaran KPU sesuai dengan surat permohonan pengamanan, juga surat pengalihan arus semuanya," ujar Kombes Susatyo di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Kombes Susatyo mengatakan pihaknya akan melakukan sterilisasi area depan KPU mulai pukul 15.00 WIB ini.

"Jadi seperti kami sampaikan bahwa penggelaran pasukan akan kami mulai dari Bundaran HI. Bundaran HI kemudian nanti di perempatan Agus Salim dengan Imam Bonjol, kemudian juga perempatan Imam Bonjol dengan Diponegoro, juga Cokroaminoto sampai nanti ke Taman Suropati sehingga apabila ada kendaraan yang akan masuk ataupun keluar, kami upayakan pengaturan tersebut," papar dia.

Baca Juga: KPU Sebut Total Durasi Debat Pilpres Selama 150 Menit Dalam 6 Segmen

Seperti diberitakan Kompas.tv, debat perdana merupakan debat antara capres, yakni capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dengan tema debat terkait pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x