Kompas TV nasional rumah pemilu

Komnas HAM Titip 4 Isu untuk Diangkat dalam Debat Capres Perdana di KPU Malam Ini

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 12:29 WIB
komnas-ham-titip-4-isu-untuk-diangkat-dalam-debat-capres-perdana-di-kpu-malam-ini
Komisioner Komnas HAM Pramono Ubaid Tanthowi, dalam jumpa pers di kantor Bawaslu RI, Selasa (25/7/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menitipkan empat permasalahan krusial terkait HAM yang dinilai harus dibahas dalam debat capres perdana di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023) malam ini. 

Debat capres malam ini mengangkat isu pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Komisioner Komnas HAM Pramono Ubaid Tanthowi berharap panelis atau moderator akan mengangkat empat isu yakni indeks demokrasi, strategi pembangunan yang sejalan dengan prinsip HAM, penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu, dan penguatan lembaga HAM. 

Menurutnya, empat isu tersebut penting untuk dijawab para capres karena publik ingin mengetahui pandangan mereka masing-masing terkait isu HAM.

Masalah pertama yang dikritisi Komnas HAM mengenai indeks demokrasi di Indonesia yang menurun dalam beberapa tahun ini terakhir yang disebabkan menyempitnya ruang kebebasan sipil.

Baca Juga: Jelang Debat Perdana, TPN: Ganjar-Mahfud Berkomitmen Wujudkan UU Perampasan Aset

Menurut Pramono, penting untuk mengetahui komitmen setiap pasangan capres-cawapres untuk menjamin tidak terjadi pengekangan kebebasan sipil, baik kriminalisasi, persekusi, intoleransi maupun diskriminasi.

Kedua, kata dia, publik juga perlu memastikan strategi pembangunan yang akan dijalankan pemimpin ke depan tetap sejalan dengan prinsip HAM. 

Misalnya, bagaimana investasi dan pembangunan infrastruktur tidak menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM, baik terhadap lingkungan, masyarakat adat, pekerja, maupun kelompok rentan lainnya.

Isu ketiga mengenai penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu. 

Menurut Pramono, isu ini terus muncul setiap pemilu, namun tidak pernah dituntaskan karena hanya menjadi alat politik. 

Baca Juga: [FULL] Keterangan KPU Soal Persiapan Debat Perdana Capres dan Cawapres Pemilu 2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x