Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat: Visi Misi Normatif, Ketiga Capres Harus Elaborasi Program Anti-Korupsi di Debat Perdana

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 10:11 WIB
pengamat-visi-misi-normatif-ketiga-capres-harus-elaborasi-program-anti-korupsi-di-debat-perdana
Tiga calon presiden yang akan maju di Pemilihan Presiden 2024, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo (dari kiri ke kanan), saat memberikan keterangan kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (30/10/2023). (Sumber: Cyprianus Anto Saptowaluyo/Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

DEPOK, KOMPAS.TV - Pengamat politik kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Vishnu Juwono menyatakan, masing-masing calon presiden (capres) harus memaparkan program anti-korupsi dalam debat perdana, Selasa (12/12/2023) malam nanti.

Vishnu menilai janji pemberantasan korupsi yang dituangkan masing-masing paslon dalam dokumen visi-misi masih terlalu normatif.

Baik Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo dinilai belum menyajikan langkah-langkah spesifik pemberantasan korupsi.

Padahal, harapan publik atas program pemberantasan korupsi tinggi mengingat banyaknya pejabat yang terlibat kasus korupsi.

Baca Juga: Mengenang Debat Pilpres Pertama 2004, Tak Ada Saling Serang Malah seperti Monolog

Vishnu mencontohkan, meskipun masing-masing paslon berjanji melindungi independensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tetapi belum ada yang secara tegas menyatakan apakah akan merevisi total Undang-Undang Nomor 19 tahun 2019 KPK, terlebih pasca-penetapan tersangka Firli Bahuri.

"Debat pertama ini sangat penting untuk mengungkapkan kepada publik program pemberantasan korupsi yang lebih detil, konkrit, dan realistis dari ketiga kandidat," kata Vishnu dalam rilis yang diterima Kompas TV, Selasa (12/12).

"Pengalaman pemerintah Presiden Joko Widodo menunjukkan bahwa fokus utama pada pencegahan Korupsi tidak memberikan hasil yang memuaskan, terbukti 8 menteri atau Wakil Menteri di duga atau terjerat kasus korupsi," Lulusan London School of Economics (LSE) ini menegaskan.

Vishnu pun menyebut publik ingin mendengar solusi pemberantasan korupsi yang konkret dari masing-masing paslon.

Ia mengajak semua pihak untuk mengikuti debat capres perdana secara cermat.

"Ketajaman argumen pada debat pertama para capres ini dapat menjadi tolak ukur bagi publik dalam menilai komitmen nyata dari calon presiden terkait pemberantasan korupsi, suatu isu yang sangat sentral dalam membangun tata kelola pemerintah yang bersih dan berintegritas, dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045," katanya.

Debat capres perdana sedianya akan dilangsungkan hari ini, Selasa, 12/12/2023) dimulai pukul 19.00 WIB.

Tema debat perdana meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasn korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca Juga: TPN Sebut Ganjar Dapat Banyak Saran dari Masyarakat yang Ditemui tentang Tema Debat Perdana



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x