Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Litbang Kompas: Efek Jokowi Dongkrak Elektabilitas Prabowo

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 10:08 WIB
survei-litbang-kompas-efek-jokowi-dongkrak-elektabilitas-prabowo
Prabowo Subianto (tengah) saat menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela Rapimnas Partai Gerindra di Jakarta, Senin (23/10/2023). Meningkatkanya elektabilitas Prabowo dalam survei Litbang Kompas terbaru tak lepas dari perpindahan dukungan bekas pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 lalu. (Sumber: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan elektabilitas calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengalami peningkatan dibandingkan Agustus 2023.

Meningkatkatnya elektabilitas Prabowo dinilai tak lepas dari perpindahan dukungan bekas pemilih Joko Widodo atau Jokowi pada Pilpres 2019 lalu.

Menurut peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, pemilih Jokowi di Pilpres 2019 yang pada survei Agustus 2023 sebelumnya dominan mendukung capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, kini telah lebih banyak beralih ke Prabowo.

Hal tersebut juga yang membuat elektabilitas Ganjar pada survei Desember 2023 turun.

"Pada survei Agustus 2023, simpatisan Jokowi yang memilih Ganjar mencapai 48,1 persen dan hanya 22,9 persen yang memilih Prabowo. Sekarang yang terjadi sebaliknya, yang memilih Prabowo 39,8 persen dan yang memilih Ganjar 27,4 persen," tulis Bambang dalam Harian Kompas, Senin (11/12/2023).

Selain efek Jokowi, meningkatnya elektabilitas Prabowo pada survei kali ini dikarenakan pemilih Ketua Umum Gerindra tersebut pada Pilpres 2019 lalu cenderung lebih banyak yang kembali memilihnya. Meskipun sepertiganya kemudian menjadi pemilih capres nomor urut 1, Anies Baswedan.

Elektabilitas Prabowo yang meningkat ini pun dinilai karena adanya aliran suara terbesar dari kelompok yang tak memilih pada 2019.

"Selain itu, Prabowo saat ini juga mendapatkan aliran suara yang lebih besar dari kelompok masyarakat yang merasa puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi," tulis Bambang.

Pada survei Litbang Kompas Agustus 2023, 40,3 persen masyarakat yang puas kinerja Jokowi masih memilih Ganjar, sementara hanya 30,9 persen yang memilih Prabowo.

Dalam survei terbaru, 42,6 persen justru memilih Prabowo dan hanya 21,5 persen yang memilih Ganjar.

Sementara mereka yang merasa tidak puas dengan kinerja Jokowi cenderung masih sama dengan sebelumnya, lebih banyak yang memilih Anies dan Prabowo.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Elektabilitas Capres: Prabowo 39,7 Persen, Ganjar 18 Persen, Anies 17,4 Persen



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.