Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud MD Mengaku Siap Adu Debat Cawapres: Enggak Usah Tanya Persiapannya Apa

Kompas.tv - 10 Desember 2023, 19:20 WIB
mahfud-md-mengaku-siap-adu-debat-cawapres-enggak-usah-tanya-persiapannya-apa
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md saat Orasi Kebangsaan Hari Anti Korupsi Sedunia di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG BARAT, KOMPAS.TV - Calon wakil presiden (cawapres) RI nomor urut 3, Mahfud MD mengaku siap melaksanakan debat perdana capres-cawapres tanpa persiapan khusus.

Rencananya debat perdana capres-cawapres pada Pilpres 2024 itu bakal dilaksanakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada Selasa (12/12/2023).

"Saya siap, enggak usah tanya persiapannya apa, pokoknya siap. Enggak ada persiapan khusus," ujar Mahfud, di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Minggu (10/12/12).

Menjawab pertanyaan wartawan tentang aturan debat, Mahfud mengaku tidak mempersoalkan, dan menyerahkan sepenuhnya pada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: KPU Minta 11 Panelis Debat Capres-Cawapres Tandatangani Pakta Integritas, Janji Jaga Rahasia Materi

Menurut Mahfud, bagaimanapun aturan debatnya, ia lebih memilih adu gagasan di ruang debat. "Bagaimana pun (aturan debatnya) saya siap dan akan hadir.”

“Siap sanggah menyanggah, tidak saling sanggah menyanggah juga siap," kata Mahfud, dikutip Kompas.com.

Dengan beradu gagasan, kata Mahfud, masyarakat bisa melihat dan sadar bahwa demokrasi lahir dari kesadaran politik. Oleh sebab itu, Mahfud memilih merangkul massa dengan cara pendekatan dari hari ke hati bukan melalui materi.

"Target di Jabar sebanyak mungkin, waktu masih cukup. Kita akan mendekati (masyarakat) dari hati, bukan dari materi," sebut Mahfud.

Baca Juga: Menghitung Hari Menuju Debat Capres 12 Desember 2023, Akankah IKN Jadi Topik Perdebatan?

Diketahui rencananya pelaksanaan debat perdana Capres-Cawapres 2024 akan digelar pada Selasa (12/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan kesepakatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan tim pasangan calon, debat pertama akan mengambil tema seputar hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.


Rencananya, debat pertama dan kedua digelar pada 12 dan 22 Desember 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.

Sedangkan debat terakhir Pilpres 2024 akan dilaksanakan pada 4 Februari 2024. Kelima acara debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.