Kompas TV nasional rumah pemilu

Panelis Debat Capres Dikarantina dan Teken Pakta Integritas, Taufan Damanik Hormati Langkah KPU

Kompas.tv - 10 Desember 2023, 15:38 WIB
panelis-debat-capres-dikarantina-dan-teken-pakta-integritas-taufan-damanik-hormati-langkah-kpu
Foto Arsip. Ketua Komnas HAM 2017-2022, Ahmad Taufan Damanik menjadi satu dari 11 panelis untuk acara debat capres-cawapres pertama pada Selasa (12/12/2023).(Sumber: (KOMPAS.com/Dian Erika ).
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komnas HAM 2017-2022, Ahmad Taufan Damanik menjadi satu dari 11 panelis untuk acara debat capres-cawapres pertama pada Selasa (12/12/2023).

Taufan menyebut dirinya bersama 10 panelis lainnya akan mulai dikarantina mulai hari ini, Minggu (10/12/2023). 

Tak hanya dikarantina, para panelis juga diminta untuk menandatangani pakta Integriras.

Menurut penjelasannya, hal tersebut sejatinya merupakan prosedur yang harus dijalankan demi menjaga netralitas, kerahasiaan dan integritas.

"Mulai nanti malam kami akan dikumpulkan di suatu lokasi untuk dikarantina dan juga diminta menandatangani satu pakta integritas untuk bersikap objektif dan tidak membocorkan soal-soal yang nanti akan kami siapkan," kata Taufan dalam keterangan video yang diterima Kompas.Tv, Minggu (10/12).

Taufan yang juga sempat menjadi panelis di debat Capres-Cawapres 2019 lalu memastikan, 11 panelis akan selalu menjaga integritasnya.

"Saya kira pengalaman di 2019 kurang lebih sama, kita tentu saja akan menjaga integritas kita untuk menjaga kerahasiaan soal itu. Sehingga soal itu memang hanya ditampilkan pada hari H tanggal 12 (Desember 2023) malam yang akan dibawakan oleh moderator untuk kemudian menanyakan soal-soal tadi kepada para pasangan calon," jelasnya.

"Sekali lagi saya sangat menghormati langkah-langkah KPU secara teknis yang berusaha untuk menjaga integritas dari debat kali ini dengan mengkarantina kami dan meminta kami menandatangani pakta integritas," tegasnya. 

Baca Juga: Sebelum Debat Capres 11 Panelis Dikarantina, KPU Jamin Pertanyaan Tidak Bocor ke Peserta



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x