Kompas TV nasional peristiwa

Cerita Butet Kertaredjasa soal WA dan Telepon Tidak Bisa Digunakan, Berawal dari Pemberitahuan OTP

Kompas.tv - 9 Desember 2023, 21:25 WIB
cerita-butet-kertaredjasa-soal-wa-dan-telepon-tidak-bisa-digunakan-berawal-dari-pemberitahuan-otp
Seniman Bambang Ekoloyo Butet Kartaredjasa menjelaskan dirinya diminta menandatangani surat pernyataan sebelum pertunjukan teater produksi ke-41 forum budaya Indonesia Kita bertajuk Musuh Bebuyutan yang digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jumat (1/12/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Akun WhatsApp seniman Butet Kertaredjasa tidak bisa diakses sejak Sabtu (9/12/2023) dini hari. 

Kejadian itu diduga masih berkaitan dengan pertunjukan teater bertajuk Musuh Bebuyutan di Taman Ismail Marzuki awal Desember lalu. 

Sebelum pementasan, Butet diminta menandatangani surat pernyataan tidak ada unsur politik sebagai bagian dari perizinan pertunjukan teater.

Butet menjelaskan, awal mula telepon genggam miliknya dan akun WhatsApp (WA) tidak bisa digunakan saat muncul one time password (OTP) atau kode otorisasi satu kali. 

Kemunculan OTP itu diketahui saat dirinya terbangun sekitar pukul jam 03.00 atau 04.00, Sabtu (9/12/2023). 

Baca Juga: Butet Kartaredjasa Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Disebut Sebarkan Hoaks soal Intimidasi

Butet langsung memasukkan kode otorisasi tersebut secara benar. Namun hingga tiga kali memasukkan kode, WA Butet tidak terbuka. 

"Saya memasukkan nomor OTP itu tiga kali. Padahal nomornya sudah benar, tapi keluar pernyataan bahwa nomor salah sampai tiga kali lalu terkunci semua, WhatsApp saya tidak bisa diakses," ujar Butet saat ditemui di kediamannya di daerah Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (9/12/2023).

Setelah itu, Butet kembali beristirahat dan mengira hal tersebut lumrah terjadi. Pukul 08.00 WIB, Butet terbangun dan kembali melihat aplikasi WA di telepon gengamnya sudah tidak bisa digunakan. Bahkan, nomor yang ada di telepon genggam miliknya juga tidak bisa dihubungi.

Butet lalu meminta istri dan anaknya menelpon gawai miliknya. Namun, sambungan telepon tersebut tidak bisa terhubung.

"Bisa telepon keluar, tapi kawan-kawan saya tidak bisa masuk. Telepon, WA tidak masuk, akhirnya saya gunakan Telegram. Sampai sekarang WA belum bisa, tapi sudah bisa gunakan nomor seluler," ujarnya. 

Baca Juga: Tanggapan Butet Kartaredjasa Terkait Dilaporkan ke Bareskrim Polri Soal Dugaan Hoax Intimidasi

Berawal dari kejadian itu, Butet membuat unggahan di media sosial miliknya yang berisi informasi telepon dan WA miliknya tidak bisa digunakan. Jika ada keperluan bisa menghubungi nomor telepon rumah atau melalui istrinya.

Butet mengaku sekitar pukul 11.00 WIB, ia sudah bisa menghubungi rekan dan keluarga menggunakan telepon genggam dan nomor miliknya. Namun, nomor telepon yang ada di gawai masih tidak bisa dihubungi.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.