Kompas TV nasional rumah pemilu

Ini 5 Tema Debat Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024, dari Pemberantasan Korupsi hingga Inklusi

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 06:30 WIB
ini-5-tema-debat-capres-cawapres-untuk-pilpres-2024-dari-pemberantasan-korupsi-hingga-inklusi
Kolase foto nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan tema-tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang harus diikuti paslon Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, Rabu (6/12/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menyatakan bahwa debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024 mendatang akan digelar lima kali. Rincian debat Pilpres 2024 adalah tiga sesi debat untuk capres dan dua sesi debat untuk cawapres.

Hal tersebut disampaikan Hasyim Asy'ari usai mengikuti rapat koordinasi dengan tim sukses masing-masing paslon di Jakarta, Rabu (6/12/2023) malam.

Hasyim menyebut tema debat untuk masing-masing edisi debat capres-cawapres telah ditetapkan. Tema itu merentang dari pemerintahan, hak asasi manusia, masyarakat adat, hingga ketenagakerjaan.

Baca Juga: KPU Pastikan Debat Khusus Cawapres Tetap Digelar, Formatnya?

"Sesuai undang-undang, ya, debatnya debat pasangan calon, tapi sebagaimana kita bicarakan tadi, intinya yang debat, porsinya yang pertama calon presiden, yang kedua calon wakil presiden,” kata Hasyim, Rabu (6/12).

"Intinya, pasangan calon hadir. Kemudian soal nanti tampilnya didampingi atau tidak nanti kita bicarakan bagaimana, tapi yang bicara, boleh dikatakan, kalau debat capres ya sepenuhnya capres, kalau debat cawapress ya sepenuhnya cawapres,” lanjutnya, dikutip dari Breaking News KompasTV.

Debat capres-cawapres edisi perdana akan dilangsungkan pada 12 Desember mendatang. Debat terakhir dijadwalkan pada 4 Februari 2024. Debat capres-cawapres pertama dan terakhir akan dilangsungkan di Gedung KPU.

Berdasarkan penuturan Hasyim, berikut tema debat capres-cawapres yang akan digelar lima kali hingga hari pemilihan Pilpres 2024.

Tema debat capres-cawapres Pilpres 2024

  • Tema debat 12 Desember (capres). Pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasn korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, kerukunan warga.
  • Tema debat 22 Desember (cawapres). Ekonomi, ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, APBN/APBD, infrastruktur, perkotaan.
  • Tema debat 7 Januari (capres). Pertahanan, keamanan, hubungan internasional, geopolitik.
  • Tema debat 14 Januari (cawapres). Sumber daya alam, pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat/desa.
  • Tema debat 4 Februari (capres). Kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, inklusi.

Baca Juga: Yakin Gibran Sudah Siap Debat Capres-Cawapres, Ganjar Beberkan Bukti Ini


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x