Kompas TV nasional politik

Jokowi Pamer Pembangunan Infrastruktur Besar-besaran Selama 9 Tahun, Mulai 42 Bendungan-2.143 Km Tol

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 19:54 WIB
jokowi-pamer-pembangunan-infrastruktur-besar-besaran-selama-9-tahun-mulai-42-bendungan-2-143-km-tol
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memberikan keterangan pers, Senin (30/10/2023). Presiden Jokowi membeberkan hasil pembagunan infrastruktur besar-besaran yang telah dilakukan pemerintah sejak 2014 silam. (Sumber: Sekretariat Kabinet)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berbicara terkait pembagunan infrastruktur besar-besaran yang telah dilakukan pemerintah sejak 2014 silam.

Untuk diketahui, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas utama Jokowi selama sembilan tahun pemerintahannya hingga saat ini.

"Pembangunan infrastruktur telah kita lakukan secara besar-besaran sejak tahun 2014," kata Jokowi dalam keterangan unggahannya di Instagram, Senin (4/12/2023).

Ia mengatakan, selama sembilan tahun, pemerintah setidaknya telah membangun 42 bendungan, irigasi untuk 1,2 juta hektare lahan, jalan tol sepanjang 2.143 kilometer, jalan nasional sepanjang 5.700 kilometer.

Kemudian membangun rumah sejumlah 8,2 juta melalui Program Sejuta Rumah, hingga pos lintas batas negara (PLBN) di sejumlah daerah perbatasan.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur sangat penting bagi Indonesia karena memiliki beragam fungsi dan manfaat, dari efisiensi biaya logistik hingga sebagai pemersatu bangsa.

Baca Juga: Jokowi: Jika Tak Ada Sertifikat Elektronik, Perlu 160 Tahun agar Semua Tanah Bersertifikat

"Efisiensi biaya logistik ini sangat penting sehingga akan mempengaruhi daya saing investasi negara kita," jelasnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyebut bahwa pembangunan infrastruktur juga dapat menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

"Serta memiliki fungsi untuk konektivitas sosial dan budaya," ungkap Jokowi.

Presiden pun mengapresiasi kerja keras dan kecepatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pembangunan berbagai infrastruktur tersebut.

"Pembangunan berbagai infrastruktur tersebut tidak lepas dari kerja keras dan kecepatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang baru kemarin memperingati Hari Bakti PU Ke-78," ujarnya.

"Hari ini, saya bersilaturahmi dengan para Penggiat Infrastruktur di Istana Negara, dan menyampaikan apresiasi saya kepda Kementerian PUPR dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang jadi prioritas pemerintahan dalam sembilan tahun ini," sambung Jokowi.

Baca Juga: Ditarget Rampung Tahun 2024, Bendungan Bulango Ulu Bakal Memberi Banyak Manfaat Bagi Warga Gorontalo


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x