Kompas TV regional berita daerah

Ditarget Rampung Tahun 2024, Bendungan Bulango Ulu Bakal Memberi Banyak Manfaat Bagi Warga Gorontalo

Kompas.tv - 15 September 2023, 19:51 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Meski diperhadapkan dengan sejumlah hambatan, mega proyek yang didanai APBN sebesar 2,2 Triliun Rupiah, terus dipercepat.

Kepala Balai Wilayah Sungai II Gorontalo Parlinggoman Simanungkalit menyebut, secara keseluruhan, progres pembangunan Bendungan Bulango Ulu telah mencapai kurang lebih 38 persen, namun diharapkan sesuai rencana, pada September 2024, bendungan ini bisa diresmikan Presiden Joko Widodo.

Parlinggoman Simanungkalit menyatakan, awal pembangunan waduk ini memang sempat menghadapi hambatan ditahun 2019, namun setelah diselesaikan bersama dengan instansi terkait, tahun 2021 proyek waduk ini secara fisik mulai dikerjakan hingga saat ini.

Nantinya setelah bendungan tersebut selesai, akan banyak manfaat yang bisa dirasakan warga Gorontalo.

Dari perencanaannya, Bendungan Bulango Ulu ini akan membendung aliran Sungai Mongiilo dan bisa mereduksi banjir hingga 84 persen lebih.

Memiliki luas genangan hingga 600 hektar lebih, Bendungan Bulango Ulu  akan memberikan manfaat untuk mengairi sekitar 4 ribu lebih hektar sawah.

Baca Juga: Soal Dokter Gadungan, IDI Jelaskan Pentingnya Proses Kredensialing dalam Rekruitmen Tenaga Kesehatan

Tak hanya itu, bendungan ini juga rencananya akan dibangun  pembangkit listrik tenaga air dengan kapasitas 5 Megawatt serta  bisa bermanfaat sebagai penyuplai air baku yang bisa menghasilkan 2 meter kubik perdetik.

Demi kelancaran pembangunan bendungan tersebut Parlinggoman Simanungkalit berharap  proses pembebasan sisa lahan, diselesaikan secara cepat oleh BPN.

 

#proyek strategis nasional

#Bendungan Bulango Ulu

#Bone Bolango

#Gorontalo

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x