Kompas TV nasional humaniora

Panglima TNI Sebut Doni Monardo Prajurit Panutan Bagi Adik-adiknya

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 13:38 WIB
panglima-tni-sebut-doni-monardo-prajurit-panutan-bagi-adik-adiknya
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo merupakan prajurit panutan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo merupakan prajurit panutan bagi adik-adiknya.

Pernyataan Panglima TNI tersebut disampaikan seusai prosesi pemakaman Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Senin (4/12/2023).

Agus mengenang ketika dirinya melakukan operai militer bersama Doni Monardo.

Saat itu, kata Agus, dirinya masih berpangkat letnan dua, sementara Doni sudah berpangkat kapten.

“Prajurit yang menjadi panutan adik-adiknya. Saya pernah operasi bareng, Operasi Seroja di Timtim tahun 1995, beliau pangkat kapten saya letnan dua,” kenangnya.

“Beliau mengantarkan saya ke keberhasilan-keberhasilan saya,” imbuhnya.

Baca Juga: Jenazah Doni Monardo Dimakamkan di TMP Kalibata, Panglima TNI Bertindak sebagai Inspektur Upacara

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang juga menghadiri pemakaman Doni, menyebut almarhum merupakan figur yang sangat luar biasa.

“Kita semua sangat kehilangan, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya seorang figur yang luar biasa, Letjen Doni Monardo,” kata AHY sapaan akrabnya, seusai pemakaman.

“Beliau saya kenal sebagai seorang tokoh, pemimpin di jajaran TNI Angkatan Darat yang memiliki dedikaasi dan komitmen yang begitu tinggi,” tambahnya.

AHY juga menyebut Doni merupakan sosok yang selalu mengedepankan profesionalisme, disiplin, dan selalu berbuat yang terbaik dalam tugas apa pun yang dijalankan.

Upacara pemakaman jenazah dimulai sekitar pukul 11.19 WIB secara militer, diawali dengan pembacaan riwayat hidup singkat almarhum.

Prosesi pemakaman dilanjutkan dengan pembacaan Apel Persada oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto selaku Inspektur Upacara.

Baca Juga: Jokowi Berduka atas Meninggalnya Mantan Kepala BNPB Doni Monardo

“Saya Panglima TNI, atas nama negara, bangsa dan tentara nasional indonesia, dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum, nama Letnan Jenderal Dr (HC) H Doni Monardo SIP, jabatan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat,” kata Inspektur upacara membacakan.

“Putra dari Bapak Nasrul Saad almarhum, yang telah meninggal dunia demi kepentingan, serta keluhuran negara dan bangsa pada hari Minggu tanggal 3 Desember 2023 pukul 17.32 WIB, di rumah sakit Siloam jakarta Selatan karena sakit. Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua, dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” ucapnya.

Seusai pemakaman jenazah, inspektur upacara meletakkan karangan bunga di atas pusara almarhum, diikuti oleh pihak keluarga.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.