Kompas TV nasional humaniora

Jenazah Doni Monardo Dimakamkan di TMP Kalibata, Panglima TNI Bertindak sebagai Inspektur Upacara

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 12:17 WIB
jenazah-doni-monardo-dimakamkan-di-tmp-kalibata-panglima-tni-bertindak-sebagai-inspektur-upacara
Jenazah mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, dilakanakan Senin (4/12/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jenazah mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Senin (4/12/2023).

Upacara pemakaman jenazah dimulai sekitar pukul 11.19 WIB secara militer, diawali dengan pembacaan riwayat hidup singkat almarhum.

Prosesi pemakaman dilanjutkan dengan pembacaan Apel Persada oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto selaku Inspektur Upacara.

“Saya Panglima TNI, atas nama negara, bangsa dan tentara nasional indonesia, dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum, nama Letnan Jenderal Dr (HC) H Doni Monardo SIP, jabatan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat,” kata Inspektur upacara Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Baca Juga: Jokowi Berduka atas Meninggalnya Mantan Kepala BNPB Doni Monardo

“Putra dari Bapak Nasrul Saad almarhum, yang telah meninggal dunia demi kepentingan, serta keluhuran negara dan bangsa pada hari Minggu tanggal 3 Desember 2023 pukul 17.32 WIB, di rumah sakit Siloam Jakarta Selatan karena sakit. Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua, dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka.”

Seusai pemakaman jenazah, inspektur upacara meletakkan karangan bunga di atas pusara almarhum, diikuti oleh pihak keluarga.


 

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa dan mendoakan agar mantan Doni Monardo mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

Ucapan belasungkawa tersebut disampaikan Jokowi atas nama pribadi maupun pemerintah, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/12/2023).

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah menyampaikan ucapan berduka cita dan mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga besar Bapak Jenderal Doni Monardo," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jenazah Doni Monardo Diberangkatkan ke TMP Kalibata dari Mako Kopassus Cijantung

"Semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT, diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya, diampuni segala dosa-dosanya," imbuhnya.

Diberitakan ebelumnya, Doni Monardo meninggal dunia pada Minggu (3/12/2023) sekitar pukul 17.35 WIB.

Ia sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Siloam, Jakarta selama beberapa bulan terakhir.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.