Kompas TV nasional rumah pemilu

Jika Kalah Lagi di Pilpres, Prabowo: Saya Akan Naik Gunung, Pensiun

Kompas.tv - 3 Desember 2023, 18:47 WIB
jika-kalah-lagi-di-pilpres-prabowo-saya-akan-naik-gunung-pensiun
Menteri Pertahanan RI sekaligus calon presiden, Prabowo Subianto mempersilakan menteri-menteri pertahanan dan delegasi ASEAN untuk duduk dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) di Jakarta, Rabu (15/11/2023). (Sumber: Dita Alangkara/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden Prabowo Subianto mengaku akan pensiun jika kembali kalah di kontestasi Pilpres. Pilpres 2024 adalah kali keempat Prabowo bertarung di kontestasi antarcapres-cawapres tersebut.

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menghadiri Musyawarah Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia III pada Sabtu (3/12/2023). Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku ingin mendapatkan mandat untuk memimpin.

Baca Juga: Bocorkan Strategi Debat Prabowo-Gibran, Habiburokhman: Sampaikan Reformasi Hukum yang Berjalan Baik

Akan tetapi, jika tidak diberi mandat menjadi presiden, Prabowo mengaku siap "naik gunung" dan pensiun.

“Saya berdiri di depan rakyat Indonesia, saya minta mandat untuk kita ubah nasib bangsa kita,” kata Prabowo.

"Kalau Saudara tidak memberi mandat kepada saya, saya tidak apa apa. Saya seorang patriot. Saya akan naik gunung, pensiun," ujarnya.

Prabowo Subianto telah maju sebagai kandidat di Pilpres sebanyak empat kali, pertama di Pilpres 2009 sebagai calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, pada Pilpres 2014 dan 2019, Prabowo mencalonkan diri sebagai presiden, masing-masing didampingi oleh Hattta Rajasa dan Sandiaga Uno. Namun, Prabowo dikalahkan Joko Widodo dalam dua edisi Pilpres terkini.

Prabowo pun merasa paham dengan masalah bangsa Indonesia. Ia mengaku memahami bahaya yang dihadapi Indonesia dan akan berjuang di jalan yang benar.


“Saya menawarkan diri untuk berbakti kepada negara, saya ingin diberi mandat, saya ingin diberi kesempatan memimpin bangsa dan negara ini, karena saya merasa saya paham, saya mengerti apa yang sedang terjadi pada bangsa kita ini,” kata Prabowo.

“Saya paham bahaya-bahaya yang dihadapi oleh bangsa ini, karena itu saya terus berjuang tapi di atas jalan yang benar, di atas jalan undang-undang dasar,” ujarnya.

Baca Juga: Soal Megawati dan Orde Baru, Kaesang Tanya Ada yang Ditangkap karena Menghina Presiden? Ternyata Ada



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.