Kompas TV nasional peristiwa

Istana Respons soal Pertemuan Jokowi dengan Agus Rahardjo Bahas Kasus E-KTP

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 11:10 WIB
istana-respons-soal-pertemuan-jokowi-dengan-agus-rahardjo-bahas-kasus-e-ktp
 Presiden RI Joko Widodo saat upacara pelantikan Nawawi Pomolango menjadi ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana membantah pernah ada pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Ketua KPK periode 2015-2019 Agus Rahardjo yang membahas kasus E-KTP 

Pernyataan itu disampaikan Ari Dwipayana melalui pesan singkat kepada KOMPAS TV, Jumat (1/12/2023).

"Setelah dicek, pertemuan yang diperbincangkan tersebut tidak ada dalam agenda Presiden," ucap Ari.

Ari lebih lanjut mengatakan, posisi Presiden Jokowi dalam kasus E-KTP yang menimpa mantan Ketua DPR Setya Novanto adalah mendukung proses hukum.

Baca Juga: Maruli: Saya Tidak akan Pertaruhkan Netralitas TNI AD di Pemilu 2024, Nanti Ini akan Jadi Sejarah

"Kita lihat saja apa kenyataannya yang terjadi. Kenyataannya, proses hukum terhadap Setya Novanto terus berjalan pada tahun 2017 dan sudah ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," ujar Ari.

"Presiden dalam pernyataan resmi tanggal 17 November 2017 dengan tegas meminta agar Setya Novanto mengikuti proses hukum di KPK yang telah menetapkannya menjadi tersangka korupsi kasus KTP Elektronik. Presiden juga yakin proses hukum terus berjalan dengan baik."

Dalam keterangannya, Ari kemudian membantah Presiden Jokowi menjadi pihak yang berinisiatif melakukan revisi UU KPK. Ditegaskan Ari, revisi UU KPK adalah inisiatif dari DPR bukan pemerintah. 

"Perlu diperjelas bahwa Revisi UU KPK pada tahun 2019 itu inisiatif DPR, bukan inisiatif Pemerintah, dan terjadi dua tahun setelah penetapan tersangka Setya Novanto," kata Ari.

Sebelumnya, mantan Ketua KPK Agus Rahardjo bersaksi Presiden Jokowi pernah memintanya untuk menghentikan kasus E-KTP dengan tersangka Setya Novanto 

“Saya bersaksi dan itu memang terjadi yang sesungguhnya, saya awalnya tidak cerita kepada komisioner lain tapi setelah berlama-lama saya cerita,” ucap Agus Rahardjo di program ROSI KOMPAS TV Kamis malam.

Baca Juga: Maruli Simanjuntak Ungkap Penyebab Luhut Nangis saat Pelantikan: Dulu Punya Cita-Cita Jadi KSAD



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.