Kompas TV nasional peristiwa

Buruh Bakal Aksi Mogok Nasional Tuntut Kenaikan Upah Hari Ini, Berikut Sejumlah Titiknya

Kompas.tv - 30 November 2023, 08:56 WIB
buruh-bakal-aksi-mogok-nasional-tuntut-kenaikan-upah-hari-ini-berikut-sejumlah-titiknya
Ilustrasi unjuk rasa. Massa buruh berkumpul di Jalan MH Thamrin dan mengunjuk rasa pencabutan UU Ciptaker, UU Kesehatan, UU P2SK, dan mewujudkan JS3H, Kamis (10/8/2023). (Sumber: Kompas.com/Xena Olivia)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Buruh di sejumlah daerah di Indonesia bakal melakukan aksi mogok nasional awalan pada hari ini, Kamis (30/11/2023), dan stop produksi hingga melumpuhkan 100 titik kabupaten/kota industri.

Penjelasan itu disampaikan oleh Presiden Konfederasi Serikat pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.

Iqbal mengeklaim mogok nasional yang rencananya dilakukan di beberapa kota industri terebut akan melibatkan ratusan hingga jutaan buruh di seluruh Indonesia.

"Mogok akan dijalankan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai," ujar Iqbal, dikutip Tribunnews.com.

Iqbal juga merinci di daerah mana saja yang akan melakukan aksi tersebut, di antaranya Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kemudian, Sumatera Utara, Kep. Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan daerah Indonesia Timur Maluku, Maluku Utara, NTT, dan Papua.

Baca Juga: Detik-Detik Antar Sesama Buruh Ricuh saat Aksi Blokade Jalan di Purwakarta

Aksi itu akan menyampaikan dua tuntutan yakni Revisi UMP DKI dari 3,6 persen mendekati 15 persen dan berlakukan UMK sesuai dengan rekomendasi dari bupati dan wali kota sebesar 10-14,2 persen.

"Kalau gubernur nekat untuk mengubah dan tidak menetapkan sesuai rekomendasi yang ada, maka kita bisa lakukan mogok nasional lanjutan," ujarnya.

Aksi tersebut, kata dia, bakal terus dilakukan hingga para gubernur memastikan kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 15 persen.



Sumber : tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x