Kompas TV nasional peristiwa

Luhut Binsar Pandjaitan Menangis Terharu saat Maruli Simanjuntak Resmi Dilantik Jadi KSAD

Kompas.tv - 29 November 2023, 16:04 WIB
luhut-binsar-pandjaitan-menangis-terharu-saat-maruli-simanjuntak-resmi-dilantik-jadi-ksad
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak kuasa membendung tangis haru saat menghadiri pelantikan menantunya, Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak kuasa membendung tangis haru saat menghadiri pelantikan menantunya, Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Usai pelantikan, Luhut kemudian berjabat tangan dengan Presiden Jokowi yang baru saja memberikan selamat kepada Maruli. Di samping Luhut, ada sang istri dengan mata berkaca-kaca turut berjabat tangan dengan Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi tampak beranjak meninggalkan Luhut dan istri. Seketika, pandangan penuh haru Luhut menyapu ke arah Maruli yang sudah siap dengan sikap hormatnya.

Luhut kemudian menerima salam hormat Maruli. Ia melangkah maju lalu menepuk-nepuk pipi kanan Maruli sambil berpelukan.

Luhut adalah orang ketiga yang memberikan selamat kepada Maruli setelah Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Baca Juga: SAH! Maruli Simanjuntak Jabat Kepala Staf Angkatan Darat, Naik Pangkat jadi Jenderal TNI

Usai memberi selamat kepada Maruli, Luhut juga memberi selamat kepada sang anak atau Paulina Pandjaitan yang kini menjadi istri dari seorang KSAD. Dari tayangan gambar KOMPAS TV, terlihat jelas Luhut sangat terharu dengan proses pelantikan yang dijalani Maruli Simanjuntak.

Setelah Luhut, Maruli kemudian menerima ucapan selamat dari berbagai pihak yang turut hadir dalam pelantikannya sebagai sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara.

Usai menerima selamat, Maruli kemudian membenarkan jika Luhut Binsar Pandjaitan menangis saat memberikan selamat.

“Ya jadi kalau kita dibawa keluarga, Pak Luhut dulu juga punya cita-cita jadi KSAD, cuma ya sekarang cukup mantunya aja, lah,” ucap Maruli.

Maruli mengatakan, dirinya mendapat informasi bahwa Presiden Jokowi akan melantiknya sebagai KSAD kemarin sore. Kabar itu kemudian disampaikan kepada Luhut.

“Jadi saya mendapat informasi kemarin sore, saya WA beliau saya sudah ditunjuk persiapan hari ini, ya beliau antusias untuk mau hadir,” ujar Maruli.


Baca Juga: Alasan TKN Ganjar-Mahfud Libatkan Thoriq Halilintar: Influencer Penting untuk Jadi Juru Kampanye

Untuk diketahui, Maruli Simanjuntak dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai KSAD menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang ditunjuk sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Yudo Margono.

Dalam pelantikan, Presiden Jokowi juga memberi kenaikan pangkat satu tingkat untuk Maruli Simanjuntak dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal.

“Demi Tuhan saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bhakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Maruli berjanji.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x