Kompas TV nasional peristiwa

SAH! Maruli Simanjuntak Jabat Kepala Staf Angkatan Darat, Naik Pangkat jadi Jenderal TNI

Kompas.tv - 29 November 2023, 14:24 WIB
sah-maruli-simanjuntak-jabat-kepala-staf-angkatan-darat-naik-pangkat-jadi-jenderal-tni
Presiden Joko Widodo melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023).

Maruli Simanjuntak menjabat sebagai KSAD menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang ditunjuk sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Yudo Margono. Tak hanya itu, Maruli juga mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat menjadi Jenderal TNI.

Dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak menjabat sebagai KSAD tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 TNI tahun 2023, tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan menetapkan dan seterusnya, kesatu memberhentikan dengan hormat Jenderal Agus Subiyanto dengan NRP 1910029630867 dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada Bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut,” ucap Hersan, dipantau dari Breaking News KompasTV.

“Kedua mengangkat Letjen TNI Maruli Simanjuntak NRP 1920030770270 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).”

Baca Juga: Alasan TKN Ganjar-Mahfud Libatkan Thoriq Halilintar: Influencer Penting untuk Jadi Juru Kampanye

Hersan menambahkan, Keputusan Presiden Republik Indonesia mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana dimaksud pada diktum kedua Keputusan Presiden ini.

“Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 29 November 2023, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” ucapnya.

Selanjutnya, Maruli Simanjuntak membacakan sumpah jabatan sebagai KSAD.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bhakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Maruli.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung sumpah prajurit.”

Profil Maruli Simanjuntak. baru saja dilantik sebagai KSAD

Dikutip dari TribunNews, Maruli pernah menjabat Komandan Korem di Solo. Tidak hanya itu, Maruli juga pernah menjabat sebagai Komandan Grup 2 di Surakarta.

Kemudian, menantu Luhut Panjaitan tersebut juga dipercaya Jokowi menjadi Komandan Paspampres.

Sebagai informasi, Maruli memang termasuk tentara dengan kualifikasi tempur. Ia juga pernah menjalani jabatan strategis seperti halnya Komandan Detasemen Tempur (Denpur) Cakra pada 2002. Lalu, menjadi Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus pada 2008 sampai 2009.

Baca Juga: Hari Ini Jokowi Dikabarkan Lantik KSAD Pukul 14.00 WIB, Nama Maruli Simanjuntak Menguat



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.