Kompas TV nasional peristiwa

Spesifikasi KRI dr Radjiman Wedyodiningrat, Kapal Bantu Rumah Sakit yang Akan Lakoni Misi di Gaza

Kompas.tv - 24 November 2023, 13:03 WIB
spesifikasi-kri-dr-radjiman-wedyodiningrat-kapal-bantu-rumah-sakit-yang-akan-lakoni-misi-di-gaza
KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 menjalani penggantian cat dan perawatan sekunder, di Graving Dock Irian, PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/11/2023), sebagai persiapan melaksanakan misi kemanusiaan di Palestina. (Sumber: ANTARA/Moch Asim)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut spesifikasi KRI dr Radjiman Wedyodiningrat yang akan melakoni misi kemanusiaan di Gaza, Palestina sebagai Kapal Bantu Rumah Sakit.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, PT PAL melakukan sejumlah pengerjaan untuk kapal seperti penggantian warna cat menjadi putih dan perawatan sekunder pada KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sebelum diberangkatkan ke Palestina.

Pengerjaan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 ini dilakukan di Graving Dock Irian, PT PAL, Surabaya, Jawa Timur.

"Pengecatan, cek baling-baling, radar, semua dilakukan, kemudian pembersihan," kata CEO PT PAL Kaharuddin Djenod di anjungan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992, dikutip dari Antara, Kamis (23/11/2023).

Kaharuddin menuturkan bahwa sampai saat ini tidak ada kendala apapun dalam pengerjaan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 karena secara keseluruhan kondisi kapal masih baru dan mumpuni.

"Kapal ini baru lahir tahun lalu jadi masih sangat prima, sehingga perbaikan itu bukan pada main equipment (peralatan utama)," ujarnya.

Lantas seperti apa spesifikasi yang dimiliki KRI dr Radjiman Wedyodiningrat?

Baca Juga: Kemlu RI Pastikan 3 Relawan WNI di Gaza Aman

Spesifikasi KRI dr Radjiman Wedyodiningrat

Dilansir dari Kompas.com, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 memiliki panjang sekitar 124 meter, bobot 7.300 ton, dan berkecepatan 18 knot.

Kapal ini mempunyai kapasitas untuk 163 ABK, 18 kru helikopter, 1 tamu VVIP, 66 staf medis, 158 pasien, dan 280 sukarelawan. 

KRI dr Radjiman Wedyodiningrat -992 ini mampu bertahan 30 hari di laut dan bisa memuat 3 helikopter, 2 ambulance boat, 2 kapal LCVP, dan 1 kapal RHIB. 

Fasilitas yang dimiliki KRI dr Radjiman Wedyodiningrat ini setara dengan rumah sakit tipe C.

Dilengkapi sejumlah fasilitas medis seperti ruang radiologi, operasi/bedah, pos operasi, isolasi, perawatan bayi, bersalin, periksa, UGD, ICU, HCU, laboratorium, dan ruang mayat. 

Lebih dari itu, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 ini juga mempunyai peralatan medis di antaranya x-ray, ct-scan, c-arm, panoramic, dental x-ray, digital radiography, USG 4D, bank darah, dan central gas medic serta generator. 

Baca Juga: Kemlu: Tiga WNI Relawan di RS Indonesia dalam Kondisi Baik



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x